Loyalitas Pelanggan: Promosi Penjualan dan E-Service Quality pada Pengguna Dompet Digital Shopeepay Mahasiswa Administrasi Binsis 2019 Kampus Kwik Kian Gie

  • Supriyanto Supriyanto Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Indonesia

Abstract

Setiap perusahaan tidak luput dari inovasi pada bidang teknologi dimana salah satunya adalah bidang ekonomi. Pada bidang ekonomi sendiri, terdapat inovasi yang bernama dompet digital merujuk pada ekonomi digital, yaitu inovasi berupa uang elektronik yang menggunakan aplikasi dompet digital dan menyediakan banyak promo yang menarik serta sistem seta memiliki sistem pembayaran yang praktis. Dompet digital banyak berkembang di Indonesia tidak hanya menyediakan pembayaran di e-commerce saja, tetapi juga dapat melakukan pembayaran di merchant-merchant yang tersedia salah satunya adalah shopeepay dengan kualitas layanan dan promosi yang cukup baik. Pertanyaannya adalah, Bagaimana pengaruh promosi penjualan, dan E-Service quality terhadap loyalitas pelanggan pengguna dompet digital Shopeepay mahasiswa administrasi bisnis 2019 kampus kwik kian gie. Teori yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah teori promosi penjualan yaitu sebuah kunci utama dalam melakukan promosi yang berjangka pendek, teori e-service quality yaitu bagaimana kualitas layanan yang dimiliki oleh sebuah situs atau web, dan teori loyalitas pelanggan yaitu komitmen pelanggan terhadap suatu merk untuk tetap menggunakan suatu produk atau jasa tertentu. Objek penelitian ini adalah pengguna dompet digital Shopeepay mahasiswa Administrasi Bisnis 2019 kampus Kwik Kian Gie - Jakarta. Penarikan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen yang terdiri dari promosi penjualan dan e-service quality dan variabel dependen yaitu variabel loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner dengan sampel sebanyak 120 responden dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda dan uji hipotesis. Pada penelitian ini, kesimpulan yang didapat adalah  didapatkan hasil bahwa promosi penjualan dan e-service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna dompet digital Shopeepay mahasiswa Administrasi Bisnis 2019 kampus Kwik Kian Gie - Jakarta. Saran peneliti bagi perusahaan Shopeepay adalah agar shopeepay dapat meningkatkan kembali promosi penjualan untuk meningkatkan pelanggan dan loyalitas pelanggan dan juga agar menambah kualitas layanan terutama pada sektor keamanan data dan saldo sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman menggunakan Shopeepay.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 21, 2022
How to Cite
SUPRIYANTO, Supriyanto. Loyalitas Pelanggan: Promosi Penjualan dan E-Service Quality pada Pengguna Dompet Digital Shopeepay Mahasiswa Administrasi Binsis 2019 Kampus Kwik Kian Gie. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9838-9851, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8794>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8794.