N, Meningkatkan MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH

  • Nining Nurningsih Anwar

Abstract

Mata Pelajaran Kewarganegaraan adalah mata pelajaran umum yang ada di sekolah dasar. Namun demikian, kendati pelajaran umum, pendidikan kewarganegaraan atau PKn jarang diminati peserta didik. Akibatnya, menurut pengamatan penulis, hasil akhir pada mata pelajaran PKn selalu berada di bawah passing graduate. Hal ini tentu menimbulkan keprihatinan. Sehingga, pada penelitian kali ini, peneliti memfokuskan penelitian pada peningkatan nilai/hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas 5 SD Negeri Silih Asuh 2 Cirebon. Dimana kelas 5 SD Negeri Silih Asuh 2 Cirebon sendiri adalah kelas yang peneliti ampu. Di sisi lain, kelas tersebut juga merupakan kelas dengan rata-rata nilai PKn yang relatif rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat sekaligus subjek penelitian. Penelitian ini sendiri menggunakan metode problem solving atau pemecahan masalah. Dimana, pada penerapannya, metode ini diterapkan pada tiga siklus. Pada dasarnya penerapan metode ini selalu menunjukan hal positif tiap siklus dengan peningkatan nilai/hasil belajar siswa. Di sisi lain, penerapannya yang ringan juga dianggap siswa sebagai kemudahan. Merujuk pada dua gambaran tadi, bisa dikatakan bahwa metode pembelajaran problem solving sangat ideal jika diterapkan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas 5 SD Negeri Silih Asuh 2 Cirebon.

 

Kata Kunci: PKn, Problem Solving.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-31