Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh

  • Zulkifli Ibrahim Fakultas Ekonomi, Universitas Abulyatama, Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pasien dapat terpenuhi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Kualitas pelayanan adalah suatu yang mutlak agar sebuah usaha Words-of-Mouth berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayan (reability, responsiveness, assurance) terhadap kepuasan pasien. Bahan dan Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan rancangan penelitian cross sectional pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanan di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh, dengan Jumlah sampel 99 orang dengan metode random sampling yaitu jumlah pasien yang mengunjungi RSPUR dalm setahun terakhir dihitung menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian sudah diuji validitas dan reliabilitas terhadap 30 pasien. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil: Karakteriktik responden menunjukkan bahwa 55,6% adalah perempuan, 26,3% berumur 40-49, 45,5% berpendidikan terakhir SMA, 28,3% berstatus pekerja lainnya, 39,4% memiliki pendapatan < 1.800.000, 54,5% sudah mengunjungi RSPUR < 3 kali, 60,6% memperoleh informasi RSPUR dari teman atau keluarga. Kami menemukan bahwa variabel reability, responsiveness, dan assurance memberikan pengaruh positiv dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan: Kualitas pelayanan baik dapat mempengaruhi kepuasan pasien, sehingga pasien akan loyal untuk menggunakan jasa pengobatan di RSPUR.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 22, 2022
How to Cite
IBRAHIM, Zulkifli. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9869-9880, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8810>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8810.