Marketing Social Innovation Products with IMC
Abstract
ABSTRACT
Cumin tea is an herbal product with myriad of benefits. This tea is produced in Tinumpuk Village, Indramayu Regency. Community-based organization that produces this tea belongs to the Ikatan Mantan Buruh Migran–Desa Tinumpuk (IBU TIN). This study aims to determine the application of integrated marketing communication by CBO IBU TIN, especially in marketing cumin tea. This research uses qualitative approach and case study method. The techniques used to collect data are observation, in-depth interviews, and documentation studies. Data analysis technique used Miles & Huberman interactive analysis, while triangulation of data sources was used to test the validity of the data. The results of the study shows that marketing of cumin tea products by CBO IBU TIN has used several elements in integrated marketing communication, namely advertising, sales promotion, personal selling, public relations, event marketing, and packaging. This finding also shows that CBO IBU TIN does not use digital (interactive) communication in marketing the cumin tea products.
Keywords: Integrated Marketing Communication, Migrant Workers, Cumin Tea
ABSTRAK
Teh jinten adalah produk herbal dengan segudang manfaat. Teh ini diproduksi di Desa Tinumpuk, Kabupaten Indramayu. Kelompok berbasis komunitas yang memproduksi teh ini tergabung dalam Ikatan Mantan Buruh Migran–Desa Tinumpuk (IBU TIN). Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan integrated marketing communication oleh CBO IBU TIN terutama dalam memasarkan teh jinten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ialah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles & Huberman, sementara triangulasi sumber data digunakan untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan CBO IBU TIN dalam memasarkan produk teh jinten sudah menggunakan beberapa eleman dalam integrated marketing communication, yaitu advertising, sales promotion, personal selling, public relations, event marketing, dan packaging. Temuan ini juga menunjukkan tidak dimanfaatkannya elemen digital (interactive) communication oleh CBO IBU TIN dalam memasarkan produknya.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Buruh Migran, Teh Jinten
Downloads
References
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Retrieved from https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=9286
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2017). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Surabaya Usaha Nasional. Retrieved from https://onesearch.id/Record/IOS14006.INLIS000000000067479
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana. Retrieved from https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=681
Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU: IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179–189. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472
Darwanto. (2013). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BERBASIS INOVASI DAN KREATIVITAS (STRATEGI PENGUATAN PROPERTY RIGHT TERHADAP INOVASI DAN KREATIVITAS). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2). Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/3159
Diahnisa, T., & Kusumastuti, Y. I. (2017). Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Tingkat Kualitas Daya Saing UMKM Kerajinan di Kota Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(2). Retrieved from http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/111
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(3), 493‒498-493‒498.
Halim, E. E., Wahyudi, O. B., & Yogatamaa, A. (2020). Strategi Stakeholder Relations Pengelola Sentra UMKM Rumah Kreatif Dolly Saiki Point Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 8(2). Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11053
Hildayanti, S. K., & Satriyani, I. T. (2022). Strategi Promosi Melalui Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM RM Sate Taichan Senayan Palembang). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 149–158. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2014
Kemenko Bidang Perekonomian. (2021, May 5). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved June 27, 2022, from https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik Strategi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=629704
Kolbe, D., Calderón, H., & Frasquet, M. (2021). Multichannel integration through innovation capability in manufacturing SMEs and its impact on performance. Journal of Business & Industrial Marketing, 37(1), 115–127. https://doi.org/10.1108/JBIM-04-2020-0204
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P. T., & Keller, K. L. (2011). Marketing Management. Pearson Education.
Lestari, R. (2013). Perbankan Syariah sebagai Daya Pendorong Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3), 3. Journal & Proceeding Fakultas Ekonomi & Bisnis UNSOED.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI-Press. Retrieved from URI: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20399460
Munawar, S. S., Juningsih, E. R., & Maulana, S. (2016). Peran Komunikasi Pemasaran dalam Sudut Pandang UMKM: Pembelajaran untuk Pemberdayaan UMKM. In Mewujudkan “UMKM Naik Kelas.†UNS PRESS. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/348160072_Peran_Komunikasi_Pemasaran_dalam_Sudut_Pandang_UMKM#:~:text=Komunikasi%20pemasaran%20dapat%20menjadi%20strategi,produk%20dan%20merek%20yang%20dijual.
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15–29. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(2), 147–162. https://doi.org/10.30983/es.v4i2.3591
Rahmadani, S. A. (2020). Peran Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Thesis, IPB University). IPB University, Bogor. Retrieved from https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104042?show=full
Republika Online. (2018, Oktober). “Masaro†Antarkan Bupati Indramayu Raih Penghargaan ProKlim. Retrieved June 28, 2022, from Republika Online website: https://republika.co.id/share/ph4uav396
Resmi, G. G., & Roni, M. (2015). Meningkatkan Penjualan melalui Konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu DI UMKM (Sebuah Kajian Teoritis). Strategic Agility: Thrive in Turbulent Environment. Presented at the Madic (Management Dynamic Conference), Semarang.
Salim, A. (2018). PERANAN UMKM DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 3(2), 23–32.
Saputra, E., Inayati, N. I., & Hartikasari, A. I. (2021). PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE DI DESA WANGON BANYUMAS. Jurnal Abdimas Sangkabira, 1(2), 72–77. https://doi.org/10.29303/abdimassangkabira.v1i2.35
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Sari, N. L. D. I. D. (2013). ELEMEN VISUAL KEMASAN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PRODUK. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1), 43–52.
Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Oktaviani, F., & Amran, A. (2019). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CALIEF MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 218–224. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4607
Shimp, T. A. (2007). Integrated Marketing Communications in Advertising and Promotion. Thomson South-Western.
Sinha, M., & Fukey, L. (2021). Factors Affecting Digital Visibility of Small and Medium Enterprises in India. Vision, 09722629211060564. https://doi.org/10.1177/09722629211060564
Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Communications: Integrating Offline and Online with Social Media. Kogan Page.
Soleh, I. I. (2019). Kegiatan Integrated Marketing Communication UMKM Jabar (Usaha Mikro, Kecil, Menengah Jawa Barat) dalam Program Sinergitas ABCGM (Studi Deskriptif pada Kegiatan Integrated Marketing Communication UMKM se-Bandung Raya yang Masuk dalam Program Sinergitas ABCGM) (Skripsi). Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung.
Surur, A. M., & Paramita, P. D. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN UMKM MELALUI INOVASI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU USAHA KERIPIK DI DESA DOMAS. Al-Dzahab, 3(1), 21–31.
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 108–117. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Susanti, S., Rachmaniar, R., & Koswara, I. (2021). Komunikasi Pemasaran Pengrajin Bambu Kreatif di Tasikmalaya. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2284
Tuckwell, K. J. (2007). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning Perspectives. Pearson Prentice Hall.
Wamad, S. (2021, Desember). Saling Memberdayakan, Mantan TKI Indramayu Sulap Daun Jintan Jadi Teh. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5862828/saling-memberdayakan-mantan-tki-indramayu-sulap-daun-jintan-jadi-teh
Yahya, A. O., & Lubis, D. P. (2017). Efektivitas Pameran sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(2), 183–194. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.2.183-194
Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. SAGE.
Copyright (c) 2022 Dwinanto Kurniawan, Nafiah Ariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.