Efektivitas Akun Instagram @Infoserang dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

  • Helen Nadya Saraswati Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Idola Perdini Putri Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung, Indonesia
  • Almira Shabrina Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Kebutuhan Informasi, Instagram

Abstract

Instagram sebagai platform media sosial dapat dimanfaatkan untuk menjadi tempat untuk berbagi informasi berita tanpa perlu membuka portal berita. Instagram dapat membagikan berita yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui foto dan video yang diunggah. Para pengguna Instagram ini juga dapat berinteraksi dengan memberikan komentar atau memberikan tanggapan suka terhadap suatu postingan foto maupun video yang dibagikan. Salah satu akun yang memanfaatkan Instagram sebagai media penyebaran informasi adalah akun Instagram @infoserang. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui seberapa besar Efektivitas akun Instagram @infoserang dalam memenuhi kebutuhan informasi followers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah followers aktif yang mengikuti akun Instagram @infoserang. Dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Efektivitas Akun Instagram @infoserang terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Didapatkan perolehan nilai thitung (13.448) > ttabel (1.660), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Efektivitas Akun Instagram @infoserang memberikan pengaruh sebesar 64,4% dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers, sedangkan sisanya dari variabel Pemenuhan Kebutuhan Informasi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01