Peranan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan UMKM

  • Erislan Erislan Universitas Sahid Jakarta, Indonesia
Keywords: Rempah Cirebon, UMKM, SRN, Tokopedia, Facebook e-commerce page

Abstract

Salah satu yang sangat membantu dalam meningkatkan daya saing bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di tengah situasi pandemi covid 19 adalah adanya e-commerce yaitu penjualan berbasis online. E-commerce di tengah situasi pandemi menjadi salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan daya saing bagi para pelaku bisnis tidak terkecuali para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan e-commerce bagi UMKM dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif deskriptif analitis. Desain penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan lapangan. Uji keabsahan yang diterapkan adalah uji kredibilitas data dengan meningkatkan ketekunan dan data triangulasi melalui wawancara yang mendalam terhadap pemilik UMKM yang menjual produknya pada e-commerce Tokopedia dan Facebook e-commerce page. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan conclussion drawing atau verification dan ditambahkan dengan analisis SWOT. Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa peran e-commerce dalam meningkatkan penjualan UMKM pada UMKM SRN (Sejahtera Rempah Nusantara) yang menggunakan Tokopedia dan Facebook e-commerce page adalah dapat menaikkan pangsa pasar dan memberikan kepercayaan kepada konsumen sebagai produk yang terpercaya aman untuk dikonsumsi karena produknya telah berhasil masuk sebagai produk UMKM yang memiliki NIB, sertifikat halal, izin edar dari Dinas Kesehatan berupa P.IRT dan e-commerce resmi, memberikan ruang bagi pemilik UMKM untuk mempromosikan secara online di tengah ketatnya persaingan era pandemi covid 19, dapat mempertahankan eksistensi usaha dengan pemasaran online sehingga pendapatanpun tidak berkurang serta memperluas akses usaha. Selain itu dapat meningkatkan otomatisasi, integrasi, publikasi, interaksi dan transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01