P, Pondok Pengelolaan Pondok Pesantren Berbasis Kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Barokah Kabupaten Majalengka

  • Siti Komara
Keywords: Santri, Kewirausahaan, Pengelolaan

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengelolaan unit – unit usaha yang ada di Pondok Pesntren Nurul Barokah Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Pengelolan unit-unit usaha ini telah memberikan pemberdayaan kepada santri di Pondok Pesantren yang sebagian santrinya berasal dari golongan keluarga kurang mampu. Kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di pondok pesantren ini, santri-santri yang sudah menginjak tingkat Ma’had diberikan peluang untuk mengelola unit-unit usaha yang ada di pondok pesantren ini.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap 3 unsur yaitu pimpinan pondok pesantren, koordinator bidang kewirausahaan dan santri pengelola unit usaha yang berjumlah 6 orang. Observasi dilakukan dengan melihat langsung ke setiap unit usaha, berkeliling pondok pesantren serta mendokumentasikannya. Hasil dari wawancara dan observasi diidentifikasi ke dalam faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT sehingga menghasilkan strategi-strategi yang akan digunakan dalam pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Barokah.

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi didapat bahwa unit-unit usaha yang ada di pondok pesantren ini ada yang mengalami kemajuan namun ada juga yang mengalami kemunduran. Unit usaha yang mengalami kemajuan diantaranya ternak lele, kerajinan mebeul dan usaha air minum isi ulang.  Sedangkan unit usaha yang mengalami kemunduran seperti ternak unggas, ternak sapi dan konveksi. Salah satu penyebab mundurnya unit-unit usaha tersebut dikarenakan beberapa santri pengelola merasa jenuh dengan mengelola unit usaha yang tidak ada perkembangannya, hal ini disebabkan karena tidak adanya kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan unit-unit usaha ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-18