Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada (Masa Pandemi Covid-19)

  • Sunarmi Sunarmi Universitas Terbuka, Indonesia
  • Ajis Salim Adang Djaha Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sardjijo Sardjijo Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: kualitas pelayanan, kinerja pegawai, kepuasan publik, indeph interview

Abstract

Kualitas pelayanan dan kinerja pegawai sangat  mempengaruhi kepuasan publik pada dinas yang sangat dibutuhkan untuk  pencatatan administrasi masyarakat yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada (masa panndemi Covid-19). Penelitian ini bertujuan  untuk dapat melakukan pengujian dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan publik  pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan populasi dari masyarakat yang mendapatkan layanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik  dari bulan Maret 2020 sampai oktober  2021.  Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada di dapat sebanyak 5 159 orang.  Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode probability sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan atau peluang yang  sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan selanjutkan dilakukan analisis regresi linier berganda . Dengan tujuan dapat  mendukung dan mempertajam hasil analisis kuantatif maka dilakukan mix method dimana maka dilakukan analisis kualitatif melalui wawancara mendalam (indepth interview).  Hasil dari penelitian ini memperlihatkan  bahwa publik atau masyarakat yang menerima layanan mendapatkan kepuasan  yang sangat tinggi.  Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh dan kinerja pegawai secara parsial maupun simultan secara  signifikan berpengaruh  terhadap kepuasan publik (masa pandemi Covid-19)  Hasil analisis kualitatif mendukung dan mempertajam hasil analisis kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-03