Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada (Masa Pandemi Covid-19)
Abstract
Kualitas pelayanan dan kinerja pegawai sangat mempengaruhi kepuasan publik pada dinas yang sangat dibutuhkan untuk pencatatan administrasi masyarakat yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada (masa panndemi Covid-19). Penelitian ini bertujuan untuk dapat melakukan pengujian dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi dari masyarakat yang mendapatkan layanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dari bulan Maret 2020 sampai oktober 2021. Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada di dapat sebanyak 5 159 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode probability sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan atau peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan selanjutkan dilakukan analisis regresi linier berganda . Dengan tujuan dapat mendukung dan mempertajam hasil analisis kuantatif maka dilakukan mix method dimana maka dilakukan analisis kualitatif melalui wawancara mendalam (indepth interview). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa publik atau masyarakat yang menerima layanan mendapatkan kepuasan yang sangat tinggi. Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh dan kinerja pegawai secara parsial maupun simultan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan publik (masa pandemi Covid-19) Hasil analisis kualitatif mendukung dan mempertajam hasil analisis kuantitatif.
Downloads
Copyright (c) 2022 Sunarmi Sunarmi, Ajis Salim Adang Djaha, Sardjijo Sardjijo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.