Implementasi Media Pembelajaran Website Geoeduvid terhadap Pengetahuan Spasial Geografi Siswa di SMA Walisongo Karangmalang
Abstract
Media pembelajaran merupakan segala benda yang dapat digunakan untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa secara efektif. Media pembelajaran berbasis website dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan spasial Geografi siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Website Geoeduvid. Tujuan penelitian yaitu mengetahui efektivitas media pembelajaran Website Geoeduvid terhadap pengetahuan spasial Geografi siswa di SMA Walisongo Karangmalang. Metode penelitian yang digunakan yaitu true experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Peneliti menggunakan kelas kontrol dan kelas eksprimen untuk menguji efektivitas media pembelajaran Website Geoeduvid. Media pembelajaran di kelas kontrol menggunakan media konvensional, dan kels eksperimen dengan media pembelajaran website Geoeduvid. Sampel penelitian untuk kelas kontrol sebesar 20 siswa dan kelas eksperimen sebesar 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji-t dan deskriptif persentase, Batas minimal efektivitas pembelajaran yaitu 65%. Hasil penelitian pada tahap posttest menunjukkan kelas eksperimen memiliki skor persentase lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil persentase kelas kontrol untuk siswa yang tuntas sebesar 20%, selanjutnya kelas eksperimen untuk siswa tuntas sebesar 100%. Kesimpulan dalam penelitian yaitu media pembelajaran Website Geoeduvid dinyatakan efektif untuk pengetahuan spasial Geografi siswa di SMA Walisongo Karangmalang.
Downloads
Copyright (c) 2022 David Rizaldy, Juhadi Juhadi, Ananto Aji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.