Analisis Lagu Hari Merdeka Ciptaan H. Mutahar Aransemen Singgih Sanjaya Dalam Gubahan Paduan Suara

  • Nursilah Nursilah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Tengku Ritawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru, Riau, Indonesia
Keywords: analisis, lagu Hari Merdeka, Singgih Sanjaya, aransemen, paduan suara.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keinginan peneliti untuk menganalisis bentuk dan struktur lagu serta elemen-elemen musik Lagu Hari Merdeka Ciptaan H. Mutahar aransemen Singgih Sanjaya dalam gubahan paduan suara, dimana syairnya menceritakan sejarah Hari Kemerdekaan RI yang mengisyaratkan pesan  semangat patriotik, cinta tanah air dan kesetiaan dalam mempertahankan kemerdekaan. Aransemen yang cukup menarik oleh Singgih Sanjaya menjadikan lagu ini mendapat kehormatan untuk dinyanyikan pada upacara hari Kemerdekaan RI di Istana Negara oleh paduan suara Gita Bahana Nusantara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis Lagu Hari Merdeka Ciptaan H. Mutahar aransemen Singgih Sanjaya dalam gubahan paduan suara. Penelitian ini menggunakan teori Prier (1996) yang melihat dari aspek bentuk dan struktur musik serta Schneck dan Berger (2006) yang menyatakan elemen-elemen musik terdiri dari ritme, melodi, harmoni, timbre, dinamika dan bentuk. Metode penelitian deskriptif analisis dengan data kualitatif. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis data melalui prosedur mencari dan menyusun hasil observasi, dokumentasi, wawancara dan studi Pustaka yang dilakukan secara sistematis. Narasumber penelitian adalah Singgih Sanjaya selaku arranger Lagu Hari Merdeka sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lagu Hari Merdeka terdiri dari 85 birama merupakan lagu bentuk 2 bagian A (a x) dan B (a’ y y’).  Aransemen lagu dalam tangganada D Mayor yang dinyanyikan dengan satu suara (unisono) kemudian modulasi ke tangganada F Mayor dengan harmoni empat suara (SATB). Tanda sukat (time signature) 4/4, dengan tempo satu satuan menit, 120 nada seperempatan atau not 1 ketuk. Lagu menggunakan gaya Marcia Spiritoso. Teknik permainan dinamika, forte, fortesimo dan fortesisimo. Struktur harmoni empat Suara (SATB) secara keseluruhan mengalir secara vertikal yakni membentuk akord.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19