Tingkat Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Atas Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Faskes Tingkat I di Kecamatan Kotagede Yogyakarta
Abstract
Pada era JKN saat ini, fasilitas kesehatn tingkat 1 dituntut untuk dapat bersaing dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan pasien. Masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan akan selektif dalam menilai pelayanan kesehatan yang bermutu, memenuhi kebutuhan yang dirasakan dan diselenggarakan dengan cara yang sopan dan santun, tepat waktu, tanggap, dan menyembuhkan keluhan penggunanya. Pendaftaran sebagai awal proses pelayanan kesehaan kepada pasien, tidak hanya sebatas melakukan pendaftaran, mutu layanan kesehatan juga diperhatikan karena menyangkut dua aspek, yaitu aspek teknis dari penyedia layanan kesehatan itu sendiri dan aspek kemanusiaan. Kualitas pelayanan di pendaftaran pasien rawat jalan faskes tingkat 1 Kecamatan Kotagede Yogyakarta dapat mencapai kepuasan pasien bisa ditinjau dari dimensi servqual: reliability, assurance, tangibles, emphaty, responsiveness. Diketahuinya tingkat kepuasan, kinerja, harapan peserta Jaminan Kesehatan Nasional atas pelayanan pendaftaran rawat jalan Faskes Tingkat 1 di Kecamatan Kotagede Yogyakarta beserta karakteristiknya. Deskriptif kuantitatif menggunakan sampel sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel convinience sampling. Sebagian besar responden memberikan penilaian Baik berjumlah 1.103 (61,3%) reponden atas kinerja pelayanan yang diterima di rawat jalan. Sebagian besar responden berharap mendapatkan pelayanan Baik berjumlah 1.240 (68,9%) responden atas pelayanan rawat jalan. Sebagian besar responden memberikan penilaian Sangat Puas berjumlah 65 (65 %) responden atas pelayanan rawat jalan faskes tingkat 1 Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Tingkat kepuasan peserta JKN atas pelayanan rawat jalan faskes tingkat 1 Kecamatan Kotagede, Yogyakarta sebagian besar memberikan penilaian Sangat Puas berjumlah 65 (65 %) responden.
Kata kunci: Kepuasan, Fasilitas Kesehatan