Implementasi Pembakuan Peristilahan Perkomputeran Dalam Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa SI 18A4 FIKOM Universitas Duta Bangsa Surakarta

  • Mira Erlinawati
  • Aan Nurcholis M

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni (1) Mengetahui pemaknaan pembakuan istilah komputer ke Bahasa Indonesia untuk mahasiswa SI 18A4 (2) Mengetahui pentingnya istilah perkomputeran dalam Bahasa Indonesia untuk mahasiswa SI 18A4 (3) Mengetahui penerapan istilah perkomputeran dalam Bahasa Indonesia untuk mahasiswa SI 18A4. Jenis penelitian analisis kualitatif hanya fokus pada penunujukkan makna, deskriptif atau penjelasan data pada bagiannya masing-masing dan lebih sering ditunjukkan dengan berupa kata-kata atau kalimat daripada dalam bentuk angka-angka atau perbandingan pada sebuah data. Lokasi penelitian yang dipilih yakni Universitas Duta Bangsa Surakarta (Fakultas Ilmu Komputer). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur, kuesioner dan studi pustaka. Metode kualitatif pada dasarnya menggunakan pendekatan induktif, yaitu data dikumpulkan, dianalisis, diabstraksikan dan akan muncul teori-teori yang berkaitan dengan pembakuan Bahasa Indonesia. Jenis data dan sumber data yag digunakan yakni data primer serta data sekunder. Hasil penelitian yakni Menurut responden alih fungsi pemaknan pembakuan istilah computer ke Bahasa Indonesia sangat penting. Sehingga dengan adanya hal tersebut responden mampu membedakan pembakuan istilah komputer dan yang belum pernah menggunakan. Dan ketika responden mengerjakan tugas di perkuliahan mereka sudah merubah dan menerapkan pembakuan istilah sepengatuhuan dan berdasarkan bimbingan dari pendidik. Sehingga responden mampu dengan mudah untuk mengimplementasikannya. Alih fungsi pemaknaan pembakuan istilah computer ke Bahasa Indonesia sangat penting dalam hal pembelajaran atau perkuliahan serta pembakuan istilah computer ke Bahasa Indonesia sangat memerlukan bimbingan dari para ahli khususnya yang mengajar di bidangnya.


Kata kunci: Pembakuan Bahasa, Peristilahan Komputer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 20, 2020
How to Cite
ERLINAWATI, Mira; M, Aan Nurcholis. Implementasi Pembakuan Peristilahan Perkomputeran Dalam Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa SI 18A4 FIKOM Universitas Duta Bangsa Surakarta. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 92-99, feb. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/927>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i1.927.