Strategi Marketing Mix Wedding Package Untuk Meningkatkan Jumlah Penyelenggaraan Wedding Event di JS Luwansa Hotel

  • Aulia Noorma Agustin Program Studi Pariwisata, Universitas Nasional, Indonesia
  • Ulfi Maranisya Program Studi Pariwisata, Universitas Nasional, Indonesia
Keywords: Strategi, Event, Hotel, Bauran Pemasaran

Abstract

Penyelenggaraan wedding event di JS Luwansa Hotel pada tahun 2018 dan 2022 itu naik turun yang dikarenakan adanya pandemic COVID 19. Wedding package di Hotel JS Luwansa dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah penyelenggaraan wedding event. Peneliti menggunakan metode studi Observasi dan wawancara. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang akan dianalisis menggunakan analisis bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P yaitu produk, harga, lokasi, dan promo. Dengan tujuan mengetahui dan membuktikan bauran pemasaran di Hotel JS Luwansa tehadap minat dan meningkatnya pengunjung.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, JS Luwansa Hotel menawarkan wedding package serta didukung dengan Room-room yang bagus, Promosi yang oke, dan untuk makanan & minuman sudah pasti enak karena sudah ada food testing, dengan akses yang strategis, yang berlokasi dikuningan, dan memiliki grand ballroom dengan kapasitas kurang lebih 1.500 tamu. Harga Wedding Package itu tergantung pilihan yang disediakan ada silver, gold, dan platinum dan biasanya bookingan calon pengantin (tergantung tanggal pemesanan) mempengaruhi. Hotel ini memiliki dua macam saluran distribusi yaitu direct distribution (internet, media sosial, telepon, dan e-mail) dan indirect distribution melalui pihak ketiga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-31