Academic Adjustment Siswa Berkebutuhan Khusus pada Masa Transisi Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

  • Anissa Rizky Andriany Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Mahesti Pertiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Ifta Pradipta Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Regitha Ananda Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Keywords: Academic Adjustment; Anak Berkebutuhan Khusus; Transisi; Pembelajaran daring

Abstract

Pandemi covid 19 yang telah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun memaksa seluruh elemen Pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan cepat sesuai dengan situasi yang tidak terduga, tidak terkecuali siswa berkebutuhan khusus. Berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah tentu berdampak pada efektifitas pembelajaran dan beresiko pada kemungkinan adanya learning loss pada peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan siswa berkebutuhan khusus untuk menyesuaikan diri secara akademik berdasarkan persepsi orang tua di masa transisi. Penyesuaian diri akademik (academic adjustment) merupakan kemampuan seseorang utnuk mengelola dan mengatasi berbagai tuntutan akademik di dalam lingkup Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan mix method. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument google form yang diisi oleh 40 responden dan wawancara melalui zoom meeting, google meeting, whatsapp, dan telepon kepada 10 responden penelitian yang berserdia dihubungi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic adjustment siswa berkebutuhan khusus di masa transisi belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-01