Efektivitas Pembelajaran Daring pada Pendemi Covid-19 di Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh

  • Yindrizal Yindrizal Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Indonesia
  • Susiana Susiana Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Indonesia
  • Erizal Erizal Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Indonesia
  • Afdilla Mutia Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Indonesia
  • Vebrinaldo Rio Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus Payakumbuh, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid

Abstract

Penelititian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas pembelajaran daring di Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam memperoleh data, dimana kuesioner dikirim melalui Google From kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh yang terdaftar secara akademik pada semester genap 2021/2022. Pembelajaran daring yang menggantikan pembelajaran konvensional yang harus dipilih oleh perguruan tinggi untuk kepastian berlangsungnya proses pembelajaran tetap berjalan, sehingga pembelajaran daring menuntut kreatifitas dosen juga dituntut dalam menciptakan materi ajar. Pembelajaran daring menuntut dan menumbuhkan kemandirian mahasiswa (selft regulated learning). Hasil penelitian ini mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan pembelajaran daring kurang matang, dimana pembelajaran belum dapat dicapai dengan maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap pembelajaran daring, baik dari segi kesiapan perguruan tinggi, dosen maupun mahasiswa, sehingga menjadikan pembelajaran daring menjadi efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-02