Efektivitas Pembelajaran Daring pada Pendemi Covid-19 di Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh
Abstract
Penelititian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas pembelajaran daring di Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam memperoleh data, dimana kuesioner dikirim melalui Google From kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Kampus Payakumbuh yang terdaftar secara akademik pada semester genap 2021/2022. Pembelajaran daring yang menggantikan pembelajaran konvensional yang harus dipilih oleh perguruan tinggi untuk kepastian berlangsungnya proses pembelajaran tetap berjalan, sehingga pembelajaran daring menuntut kreatifitas dosen juga dituntut dalam menciptakan materi ajar. Pembelajaran daring menuntut dan menumbuhkan kemandirian mahasiswa (selft regulated learning). Hasil penelitian ini mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan pembelajaran daring kurang matang, dimana pembelajaran belum dapat dicapai dengan maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap pembelajaran daring, baik dari segi kesiapan perguruan tinggi, dosen maupun mahasiswa, sehingga menjadikan pembelajaran daring menjadi efektif.
Downloads
Copyright (c) 2022 Yindrizal Yindrizal, Susiana Susiana, Erizal Erizal, Afdilla Mutia, Vebrinaldo Rio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.