Pengaruh Celebrity Endorsement, Fitur Layanan, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Traveloka di Tanjungpinang

  • M. Syuzairi Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Indonesia
  • Akhirman Akhirman Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Indonesia
  • Zharifah Prasetiyo Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Indonesia
Keywords: Dukungan Selebriti, Fitur Layanan, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Selebriti, Fitur Layanan, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian terhadap Aplikasi Traveloka di Tanjungpinang Selama Masa Pandemi Covid-19. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Celebrity Endorsements, Service Features, dan Lifestyle, sedangkan variabel dependennya adalah Purchase Decision. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Jumlah penduduk dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tanjungpinang sebanyak 227.069 jiwa pada tahun 2021. Teknik Pengujian Kualitas Data dengan metode Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan pengukuran skala ordinal. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan uji koefisien determinasi. Manajemen dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian Celebrity Endorsement, Service Features, dan Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara bersamaan Dukungan Selebriti, Fitur Layanan, dan Gaya Hidup memiliki efek signifikan pada Keputusan Pembelian. Ada 66% yang dapat dijelaskan oleh Celebrity Endorsements, Service Features, dan Lifestyles on Purchase Decisions

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-05