Eksistensi dan Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Ideologi di Organisasi FOKAM (Forum Komunikasi Antar Mahasiswa Muslim) Universitas Duta Bangsa Surakarta

  • Widi Nugrahaningsih
  • Margaretha Evi Yuliana

Abstract

Dalam perkembangannya, Pancasila sebagai dasar Ideologi diartikan bahwa setiap warga negara Indonesia terikat oleh segala ketentuan nilai-nilai Pancasila bahkan yang paling mendasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pentingnya penerapan pancasila dalam kegiatan berorganisasi di Indonesia, khsusnya dalam organisasi yang bergerak dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara terhadap para mahasiswa yang menjadi anggota forum komunikasi antar mahasiswa muslim di universitas duta bangsa surakarta. Hasil penelitian yaitu tetap diterapkannya nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan pada organisasi Fokam. Dalam kegiatan keagamaan tidak menggunakan nara sumber yang diduga mengikuti aliran yang dikatakan masyarakat sebagai aliran radikal. Sedangkan dalam kegiatan sosial, tetap berpegang dan menjunjung nilai-nilai toleransi. Sehingga kegiatan sosial yang dilaksanakan tidak memandang suku, ras maupun agama akan tetapi mengedepankan segi kemanfaatan.
Kata kunci: Pancasila, Eksistensi Pancasila, Ideologi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2020
How to Cite
NUGRAHANINGSIH, Widi; YULIANA, Margaretha Evi. Eksistensi dan Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Ideologi di Organisasi FOKAM (Forum Komunikasi Antar Mahasiswa Muslim) Universitas Duta Bangsa Surakarta. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 135-143, feb. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/931>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i2.931.