Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Daerah terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Studi Kasus Kab/Kota dan 34 Provinsi di Indonesia Tahun 2015-2019)

  • Abdul Halim Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Dewi Rahayu Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Muzdalifah Muzdalifah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Keywords: IPM, Realisasi Pengeluaran Pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, Pendidikan, Perumahan dan Fasilitas Umum, Infrastuktur (jalan dan jembatan) kab/kota dan 34 provinsi di Indonesia (Fixed Effect Model) FEM PLS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh realisasi pengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, pendidikan, perumahan dan fasilitas umum, melalui infrastruktur (jalan dan jembatan) terhadap indeks pembangunan manusia (IPM). Penelitian ini, menggunakan jenis data panel sebanyak 5 tahun dari tahun 2015-2019 dan data diambil dari kab/kota ditambah 34 provinsi di Indonesia, sehingga observasi penelitian ini berjumlah 170. Peneliti menggunakan  model regresi data panel dengan metode PLS estimasi model fixed effect models menggunakan aplikasi pengolahan data eviews edisi ke-11. Hasil penelitiannya, secara parsial realisasi pengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, perumahan dan fasilitas umum, melalui infrastuktur (jalan dan jembatan) berpengaruh secara signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sedangkan realisasi pengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan. Namun, secara simultan berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-05