Smart Pet Feeder Menggunakan ESP8266 Nodemcu dan Blynk App Berbasis Smartphone

  • M. Rafli Afrizal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang
  • M. Rafli Afrizal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang
Keywords: Smart Pet Feeder, Load Cell, Blynk, Ultrasonic, ESP 8266

Abstract

Smart pet feeder merupakan sebuah alat yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari terkhususnya dalam merawat hewan peliharaan, alat ini akan bekerja melalui Blynk app sebagai antarmuka alat kepada user. Smart pet feeder dirancang menggunakan ESP8266 NodeMCU kemudian dikombinasikan dengan beberapa modul seperti load cell, HX711, RTC DS3231, Servo SG90 dan sensor ultrasonic HC-SR04. Smart pet feeder memiliki 3 buah mode, yakni mode pintar/smart berfungsi untuk memberi makan secara otomatis dengan beberapa kondisi, kondisi pertama yakni smart pet feeder akan melakukan cek pada tempat penyimpanan dan juga wadah makanan, jika berat wadah makanan <= 20gr dan tempat penyimpanan != 0% maka jatuhkan makanan ke wadah makanan. Kondisi selanjutnya yakni jika berat wadah makanan >= 20gr dan tempat penyimpanan != 0% maka makanan tidak akan dijatuhkan melainkan smart pet feeder akan mencatat event tersebut, jika event tersebut sudah terjadi 6 kali maka smart pet feeder akan menampilkan notifikasi melalui Blynk app. Kondisi terakhir yakni jika wadah makanan <= 20gr dan tempat penyimpanan == 0% maka makanan tidak dapat dijatuhkan dan smart pet feeder akan menampilkan notifikasi bahwa makanan telah habis, ketiga kondisi tersebut akan dijalankan setiap 1 jam. Mode selanjutnya ialah mode terjadwal/scheduled mode ini akan melakukan cek kondisi pada tempat penyimpanan sebelum menjatuhkan makanan dan mode ini akan bekerja pada waktu yang telah ditentukan seperti pada pukul 07.00, 12.00 dan 19.00. Mode terakhir ialah mode manual dimana jika tombol ditekan smart pet feeder akan menjatuhkan makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajhari, A. A., Nurlathifah, A. S., Safitri, A., Ramadanti, A. I., Dede, R. H. S., Rosidin, D., Safira, D. I., Putri, D. N. A. P., Sari, D. N., & Khoerunnisa, E. (2019). Jalan Menggapai Ridho Ilahi. Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Gunung Djati.

Anugrah, D. F., Novita, M., Ismaya, B. I., & Rahayu, R. R. (2018). Perubahan Struktural Di Industri Manufaktur Dan Ketenagakerjaan.

Bako, I. A. (2021). Alat Automatic Pet Feeder Mixer Menggunkan Wemos D1 Berbasis Mobile Phone.

Dahlan, A. M. (2019). Galeri Bermain Keluarga dengan Pendekatan Bangunan Pintar di Kota Makassar. Fakultas Sains dan Teknologi.

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1), 58–66.

Johassan, D. M. R. Y. (2013). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film" Eight Below". Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 1(1).

Mubarok, Z., Rudy Dikairono, S. T., & Priyadi, M. T. D. E. A. (2014). Prototipe Pemutus Saluran Rumah Golongan Pelanggan Kecil Menggunakan Mikrokontroler Dengan Media Wifi. Tugas Akhir D, 3.

Nurlayli, R. K., & Hidayati, D. S. (2014). Kesepian pemilik hewan peliharaan yang tinggal terpisah dari keluarga. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 21–35.

Putri, A. S. A. (2019). Smart cat home dengan sistem kontrol yang menggunakan aplikasi telegram. Jurnal Jaringan Telekomunikasi (Journal of Telecommunication Networks), 8(1), 48–55.

Putri, T. W. O., & Darmawan, M. A. (2022). Prototipe Sistem Kendali Jarak Jauh Pada Pakan Dan Pintu Kandang Kucing. SUTET, 12(1), 21–30.

Rahmi, L., & Medi, A. (2021). Perancangan Alat Pemberi Makan Binatang Peliharaan Secara Otomatis. JAMIK: Jurnal Aplikasi Manajemen Informatika Komputer, 1(1), 1–12.

Setyawan, E. A., Faiza, N. N., Prabowo, A. T., Adnan, H. A., Semartiana, N. S., & Setyawan, B. S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi PERISAI (Pelaporan Mandiri saat Isolasi) untuk Orang Dalam Pemantauan Covid-19. Jurnal Sistem Cerdas, 3(2), 95–111.

Syaputra, R., & Budiman, A. (2021). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Kasus: SMAN 1 Gedong Tataan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 89–101.
Published
2022-12-15