Penggunaan Instagram dalam Menarik Minat Kaum Muda pada Festival Musik “Youth Fest”

  • Ellen Novida Program Studi Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Indonesia
  • Denisia Putri Avicenia Program Studi Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Indonesia
  • Tesalonika Pesta Sinaga Program Studi Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Indonesia
Keywords: Media Sosial, Instagram, CMC

Abstract

Kegiatan yang disukai oleh Kaum Muda salah satunya adalah Festival musik. Melihat adanya peluang yang cukup besar, Prambors Radio membuat sebuah Festival Musik yang bertemakan The Biggest Karaoke Land yang diberi nama Youth Fest dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke-48. Untuk memperkenalkan acara ini ke publik Prambors memanfaatkan media sosial Instagram untuk menjadi tempat untuk memikat minat pengikut Instagram dan mempromosikan acara ini. Youth Fest sendiri berhasil mendatangkan 10.000 peserta hadir dalam acara ini. Penelitian ini berdasar pada teori Computer-Mediated Communication (CMC) untuk menganalisa bagaimana komunikasi yang sudah terbentuk antara pihak penyelenggara dan target audiencenya. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer diambil dari observasi dan wawancara mendalam sedangkan data sekunder diambil dari studi pustaka serta data yang sudah ada sebelumnya. Dari penelitian di dapatkan bahwa penggunaan Instagram untuk memperkenalkan acara Youth Fest cukup berpengaruh dalam membangun hubungan yang lebih dekat dan personal antara penyelenggara dan followers yang ada, sehingga menimbulkan minat untuk datang ke acara ini. Pengenalan acara kepada publik juga efektif melalui Instagram kepada publik yang lebih luas, namun peneliti beranggapan bahwa Instagram bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi Kaum Muda untuk hadir dan menonton Festival Musik Youth Fest.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-13