Pengaruh Model Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN SIDRAP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) gambaran hasil belajar fisika yang diajar melalui model Discovery Learning dan diajar melalui model konvensiona; (2) adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional; (3) adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dengan minat belajar rendah; (4) ada tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar fisika; (5) adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar model Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki minat belajar tinggi;(6) adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar model Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional yang memiliki minat belajar rendah;(7) adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah pada peserta didik yang diajar model Discovery Learning;(8)adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik pada minat belajar rendah yang diajar model konvensional. Rancangan penelitian ini adalah faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini berjumlah 86 orang dan sampelnya dipilih berdasarkan simple random sampling dan random assignment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning frekuensi tertinggi berada pada kategori sedang dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model konvensional frekuensi tertinggi berada pada kategori rendah; (2) secara keseluruhan, hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model konvensional; (3) secara keseluruhan, hasil belajar fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika; (5)bagi peserta didik dengan tingkat minat belajar tinggi, hasil belajar fisika peserta didik yang diajar model Discovery Learning lebih tinggi dari pada diajar model pembelajaran konvensional;(6) bagi peserta didik dengan tingkat minat belajar rendah, hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning lebih tinggi dari pada diajar model pembelajaran konvensional; (7) bagi peserta didik yang diajar model Discovery Learning, hasil belajar fisika bagi peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; (8) bagi peserta didik yang diajar model pembelajaran konvensional, hasil belajar fisika bagi peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah.
Downloads
Copyright (c) 2022 Eka Sriwahyuni, Muhammad Sidin Ali, Helmi Helmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.