Perancangan Model Bisnis Usulan dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas pada Startup Bidang Edukasi Investasi Saham The Investor di Kota Solo
Abstract
The Investor merupakan perusahaan rintisan yang didirikan di kota Solo pada tahun 2018. Bisnis dari The Investor adalah platform edukasi investasi saham yang bergerak melalui website dan social media seperti youtube, instagram dan telegram. Produk yang dijual The Investor merupakan produk digital belajar saham seperti, e-book, mini course, kelas webinar, online course dan The Investor’s Portfolio. Dalam menjalankan bisnis, pendapatan The Investor belum optimal dan belum memenuhi target pemilik bisnis, adapun beberapa penyebab permasalahannya, seperti pada blok channels, key resources, key partnership, customer relationship, key activities dan revenue stream. Untuk itu pada penelitian kali ini penulis melakukan Perancangan Model Bisnis dengan kerangka Business Model Canvas yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Dalam melakukan penelitian kali ini, penulis memetakan model bisnis eksisting yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap founder, kemudian penulis melakukan customer profile yang didapatkan dari kuesioner kepada konsumen The Investor sebanyak 30 orang, dilakukan juga value map untuk menggambarkan model bisnis secara terstruktur dan terperinci, penulis melakukan analisis lingkungan bisnis dengan menggunakan studi literatur, kemudian melakukan analisis strength, weakness, opportunity dan threat dari setiap blok yang bertujuan sebagai pertimbangan serta usulan untuk model bisnis yang baru. Setelah itu pada tahap terakhir penulis merancang usulan model bisnis The Investor sesuai hasil yang didapatkan Hasil rancangan tersebut dapat dipertimbangan The Investor untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis pelayanan edukasi belajar investasi saham
Downloads
References
KSEI. (2021). Jumlah Investor Pasar Modal
Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2010), Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers, Wiley.
Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & SmitHartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi pengembangan bisnis dengan metode business model canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113–120.
Hartini, S. (2016). Peran dan Fungsi Pasar Modal Dalam Perekonomian Suatu Negara. YUSTISI, 3(2), 55.
Maharani, D. P. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif: Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 2). IAIN KUDUS.
Nuzula, N. F., & Nurlaily, F. (2020). Dasar-dasar manajemen investasi. Universitas Brawijaya Press.
Pelawi, J., & Suliati, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Individu di Pasar Modal Saham di Tengah Pandemi COVID-19. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 350–373.
Press, U. G. M. (2021). Pemikiran Guru Besar Universitas Gadjah Mada Menuju Indonesia Maju 2045: Bidang Sains dan Teknologi. UGM PRESS.
Rizki, N. N., Hasun, F., & Aryani, S. (2020). Perancangan Model Bisnis Alumnibisa. com Dengan Pendekatan Business Model Canvas (bmc). EProceedings of Engineering, 7(1).
Santy, V. A. D., & Triyonowati, T. (2017). Pengaruh ROA, ROE, dan EPS terhadap Harga Saham PT. Garuda Indonesia Tbk. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).
Sembodo, M. (2009). Pater Beek, Freemason, dan CIA. Galan.
Sparviero, S. (2019). The case for a socially oriented business model canvas: The social enterprise model canvas. Journal of Social Entrepreneurship, 10(2), 232–251.
Wahyurini, E., Perwira, R. I., & Yudhiantoro, D. (2019). Pengembangan Produksi Garut Pada Ukm Lancar Rejeki Desa Kadireso Pajangan, Bantul. LPPM UPNVY PRESS, 1282.
h, A. (2014). Value Proposition Design. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
Bayu Tri Cahya dan Nila Ayu Kusuma. (2019) Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham
Aprayuda, R. Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Investasi Investor Muda di Pasar Modal Indonesia (2020) e-Jurnal Akuntansi
Sofjan Assauri, Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,1996) .
Tambunan, D. Investasi Saham di Masa Pandemi COVID-19 (2020) Universitas Bina Sarana Informatika, Volume 4 No. 2 September 2020
KSEI. (2021). Jumlah Investor Pasar Modal
Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2010), Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers, Wiley.
Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
Bayu Tri Cahya dan Nila Ayu Kusuma. (2019) Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham
Aprayuda, R. Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Investasi Investor Muda di Pasar Modal Indonesia (2020) e-Jurnal Akuntansi
Sofjan Assauri, Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,1996) .
Tambunan, D. Investasi Saham di Masa Pandemi COVID-19 (2020) Universitas Bina Sarana Informatika, Volume 4 No. 2 September 2020
Copyright (c) 2023 Muhammad Eko Yurianto, Endang Chumaidiyah, Sinta Aryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.