Anteseden dan Konsekuensi dari Customer Engagement

  • Latifianisa Hayuningtyas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Asep Hermawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
Keywords: sensory brand experience, affective brand experience, behavioral brand experience, intellectual brand experience, customer engagement, perceived value, purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positive Sensory Brand Experience, Affective Brand Experience, Behavioral Brand Experience dan Intellectual Brand Experience terhadap purchase intention dengan perceived value sebagai mediasi pada industri fashion di Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 282 orang di Indonesia yang tertarik dengan fashion. Responden dari penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian salah satu brand fashion yang sama dalam 6 bulan terakhir, berada di kelompok usia milenial dan gen Z. Hasil penelitian ini menunjukkan Sensory Brand Experience dan Intellectual Brand Experience berpengaruh positif terhadap Customer Engagement. Sedangkan untuk Affective Brand Experience dan Behavioral Brand Experience tidak berpengaruh positif terhadap Customer Engagement. Sementara itu, Customer Engagement tidak berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, namun bila Perceived Value dilibatkan di antaranya, maka Customer Engagement memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention. Beberapa saran lain untuk manajer juga dijelaskan dalam penelitian ini agar dapat meningkatkan niat membeli konsumen. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel berbeda seperti Social Media Marketing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-01