Aplikasi Pengaduan Pengunjung di Wisata Danau Ranau Berbasis Android
Abstract
Pengaduan Pengunjung di wisata Danau Ranau sangat dibutuhkan pada sebuah instansi untuk membuat wisata Danau Ranau menjadi lebih baik, memperbaiki kekurangan serta menerima saran dari tugas-tugas yang sudah dijalankan. Pengaduan biasanya sering terjadi pada bidang sarana fasilitas ,pelayanan umum, tindak kriminal, dan bencana alam yang ditangani oleh Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPDB). Berdasarkan data pengunjung Pengunjung dari dokumen resmi Dinas Parawisata dan Budaya Kab OKU pada tahun 2019 total pengunjung berjumlah 45.799 orang yang terdiri dari 23 Pengunjung mancanegara dan 45.778 Pengunjung.Di Danau Ranau. Sejauh ini belum ada pengaduan secara sistemastis, masih menggunakan via chat atau datang secara langsung. Maka pada penelitian ini membahas mengenai mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan Pengunjung di wisata Danau Ranau berbasis Android. Aplikasi mobile diimplementasikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan yakni Kotlin sedangkan web untuk administrator menggunakan Boostrap. Dengan menerapkan metode Rapid Application Development pembuatan sistem lebih cepat dan estimasi waktunya singkat. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi pengaduan Pengaduan Pengunjung Pada Wisata Danau Ranau Berbasis Android yang dapat membantu instansi – instansi terkait dalam merespon laporan dan mempermudah pengunjung wisata Danau Ranau serta masyarakat sekitar dalam mengajukan pengaduan maupun laporan.
Downloads
Copyright (c) 2022 Saka Jaya Kesuma, Taqrim Ibadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.