Aplikasi Pengaduan Pengunjung di Wisata Danau Ranau Berbasis Android

  • Saka Jaya Kesuma Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Taqrim Ibadi Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
Keywords: Android; Rapid Application Development (RAD); Kotlin; pengaduan

Abstract

Pengaduan Pengunjung di wisata Danau Ranau sangat dibutuhkan pada sebuah instansi untuk membuat wisata Danau Ranau menjadi lebih baik, memperbaiki kekurangan serta menerima saran dari tugas-tugas yang sudah  dijalankan.  Pengaduan biasanya sering terjadi pada bidang sarana  fasilitas ,pelayanan  umum, tindak kriminal, dan bencana alam yang  ditangani  oleh  Dinas  Perhubungan, Kepolisian, dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPDB). Berdasarkan data pengunjung Pengunjung dari dokumen resmi Dinas Parawisata dan Budaya Kab OKU pada tahun 2019 total pengunjung berjumlah 45.799 orang yang terdiri dari 23 Pengunjung mancanegara dan 45.778 Pengunjung.Di Danau Ranau. Sejauh ini belum ada pengaduan secara sistemastis, masih menggunakan via chat atau datang secara langsung. Maka pada penelitian ini membahas mengenai mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan Pengunjung di wisata Danau Ranau berbasis Android. Aplikasi mobile diimplementasikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan yakni Kotlin sedangkan web untuk administrator menggunakan Boostrap. Dengan menerapkan metode Rapid Application Development pembuatan sistem lebih cepat dan estimasi waktunya singkat. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi pengaduan Pengaduan Pengunjung Pada Wisata Danau Ranau Berbasis Android yang dapat membantu instansi – instansi terkait dalam merespon laporan dan mempermudah pengunjung wisata Danau Ranau serta masyarakat sekitar dalam mengajukan pengaduan maupun laporan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-01