Anteseden Dari Loyalty Pada Food Delivery Apps di Jabodetabek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh functionality dan usability pada loyalty terhadap pembelian makanan pada food delivery apps. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, menggunakan survey research pada seluruh masyarakat yang menggunkan Food delivery application di Jabodetabek selama 6 bulan terakhir sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian dipilih menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 504 responden. Metode pengujian data yaitu uji instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS. Hubungan secara langsung menunjukkan bahwa hasil penelitian functionality berpengaruh positif terhadap trust, usability berpengaruh positif terhadap trust, differentiation berpengaruh positif terhadap commitment, trust berpengaruh terhadap commitment, dan commitment berpengaruh positif terhadap loyalty. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada penelitian selanjutnya untuk lebih mementingkan variabel-variabel lain seperti e-service, food quality, serta variabel yang lebih relevan terhadap loyalty pengguna food delivery apps.
Downloads
Copyright (c) 2022 Nindita Dwinurfrinda Putri, Asep Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.