Pengaruh The Big Five Personality dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri di Provinsi Sulawesi Utara

  • Julduz R. Paus Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Meike Endang Hartati Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Gloridei Lingkanbene Kapahang Universitas Negeri Manado, Indonesia
Keywords: The Big Five Personality, Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Guru-Guru SD

Abstract

Tujuan akhir dari penelitian ini yaitu menemukan dan menyimpulkan Pengaruh secara langsung big five personality terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon; Pengaruh secara langsung gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon, dan Pengaruh secara bersama-sama antara the five personlitiy Kepala Sekolah dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif inferensial, populasi dan sampel sumber data adalah  guru-guru SD di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara sebanyak 426 responden ditentukan dengan formula Mc. Namara (Sugiyono, 2012:86). Data dijaring dengan teknik wawancara terstruktur dan angket diawali dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen, selanjutya data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan multiple, sebelumnya diuji prasyarat analisis (uji homogenitas, normalitas dan linieritas data). Hasil analisis data menemukan sebagai berikut: adanya pengaruh signifikan secara langsung the big five personality terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon diperoleh koefisien t = 11,373 dengan p = 0,000 (p<0,01). Ini menunjukkan ada pengaruh signifikan secara langsung antara the big five personality terhadap kinerja guru-guru SD, dengan sumbangan efektif sebesar 11,3%; adanya pengaruh signifikan secara langsung gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon koefisien t = 17,592 dengan p = 0,000 (p<0,01). adanya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara the five personlitiy dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru-guru SD di Kota Tomohon, hasil analisis regresi berganda diperoleh nilai F = 76,162 sedangkan p = 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan ada pengaruh yang sangat signifikan secara langsung antara the five personlitiy dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru-guru SD, dengan sumbangan efektif sebesar 76%. disarankan agar para kepala sekolah dasar, dalam melaksanakan tugas tambahannya sebagai kepala sekolah memiliki, memahami dan menerapkan the big five personality dan menerapkan gaya kepemimpinan transformatif baik secara sendir-sendiri atau perpaduan dari keduanya dalam rangka meningkatkan kinerja guru-guru SD diwilayah kerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-21