Analisis Pengukuran Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E. Mundel dan Analisa SWOT

  • Felly Denia Rochman Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Boy Isma Putra Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Keywords: Produktivitas, Marvin E. Mundel, Analisis SWOT

Abstract

  1. PT XYZ merupakan perusahaan industri beton pracetak. Produktivitas merupakan elemen penting bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era revolusi industri 4.0 yang dimulai pada tahun 2011 sampai sekarang. Tujuannya untuk mengetahui penurunan atau peningkatan pada produktivitas perusahaan PT. XYZ. Untuk mengetahui produktivitas perusahaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pengukuran dengan metode Marvin E. Mundel yang memiliki keunggulan dapat digunakan untuk melihat peningkatan atau penurunan produktivitas secara spesifik atau melihat input masing-masing dan metode analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) yang memiliki keunggulan mampu mendeteksi setiap kelemahan dan kelebihan perusahaan sehingga dapat meminimalisasi dampak atau konsekuensi yang akan terjadi dimasa akan datang. Maka dapat di identifikasi permasalahan dan penyebab-penyebab terjadinya penurunan dan memberikan rekomendasi strategi. Dari hasil penelitian menggunakan metode Marvin E. Mundel di dapatkan indeks produktivitas total terendah pada bulan April dengan nilai indeks produktivitas sebesar 87,24%. Hal ini di sebabkan oleh kualitas dan kemampuan tenaga kerja yang kurang memadai sehingga masih banyak jam kerja yang tidak efektif, keterlambatan pengiriman material dari supplier dan material yang tidak sesuai dengan standar quality control, kenaikan harga biaya energi yang terus mengalami inflasi, dan kerusakan pada mesin produksi sehingga biaya maintenance yang dikeluarkan relatif mahal. Sedangkan strategi yang dapat diambil dari hasil analisa menggunakan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT) adalah strategi SO (Strengths Opportunities) dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (strategi agresif) yaitu berupa pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dan pengembangan skala usaha perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-02