Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasien Klinik Jakarta Dental Project

  • Azhima Fajar Amalia Universitas Pamulang Tangerang Selatan, Indonesia
  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang Tangerang Selatan, Indonesia
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada pasien Klinik Jakarta Dental Project baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah konsumen selaku pasien Klinik Jakarta Dental Project sebanyak 398 konsumen, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional random sampling. Teknik Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik uji regrsi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pasien Klinik Jakarta Dental Project dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,041 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,083 > ttabel sebesar 1,991, terdapat pengaruh yang signifikan antara antara harga terhadap kepuasan konsumen pada pasien Klinik Jakarta Dental Project dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 8,647 > ttabel sebesar 1,991 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen pada pasien Klinik Jakarta Dental Project dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 72,994 > Ftabel sebesar 3,12.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-03