Pengaruh Pengambilan Keputusan Karir terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 SMKN 9 Kota Bekasi

  • Firda Amalia Berliani Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Dwi Dasalinda Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
Keywords: Pengambilan Keputusan Karir; Motivasi Belajar

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang tidak mendapat layanan bimbingan karir saat menduduki sekolah menengah pertama (SMP), status ekonomi menengah kebawah membuat  para orang tua memilih menyekolahkan anaknya di SMKN 9 Kota Bekasi hal tersebut sesuai dengan informasi bahwa SMKN 9 Kota Bekasi tidak memiliki iuran bulanan, minimnya pengetahuan  terhadap program keahlian mengakibatkan siswa cenderung memilih keputusan mengikuti pilihan orang tua, siswa yang merasa salah dalam menentukan program keahlian mengakibatkan menurunnya motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh antara pengambilan keputusan karir terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMKN 9 Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 252 siswa kelas X jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Perbankan, dan Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA) dengan jumlah sampel penelitian 154 siswa menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert sebanyak 39 item valid dan 2 item tidak valid dengan rumus validitas korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson product moment dari Kearl Pearson. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan korelasi positif antara pengambilan keputusan karir dengan motivasi belajar. Hubungan tersebut ditunjukan oleh hasil perhitungan menggunakan korelasi Pearson product moment, dengan taraf signifikansi 0,05 dimana memiliki nilai korelasi sebesar 0,503 dan nilai signifikansi variabel pengambilan keputusan karir maupun motivasi belajar sebesar 0,000. Nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengambilan keputusan karir maka semakin tinggi motivasi dalam belajar dan juga sebaliknya semakin rendah pengambilan keputusan karir maka semakin rendah motivasi dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-13