Pengaruh Kualitas Pelayanan, Beban Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi RS Haji Jakarta
Abstract
Koperasi sebagai salah satu organisasi ekonomi dan sosial yang hidup di Indonesia berusaha meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan masyarakat sekitarnya, serta memberikan sumbangan dasar kepada pembangunan dan pertumbuhan sosial ekonomi, oleh sebab itu koperasi perlu dibina secara profesional baik dalam bidang organisasi maupun dalam bidang mental dan usaha agar dapat maju dan berkembang. Di era digital 4.0, untuk dapat maju dan terus berkembang, organisasi koperasi harus memperhatikan kepuasan anggota koperasi agar dapat aktif dan memilih koperasi sebagai salah satu lembaga ekonomi pilihannya. Kualitas Pelayanan, Beban Kerja dan Motivasi kerja merupakan faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kepuasan anggota di Koperasi Rumah Sakit Haji Jakarta. Untuk membuktikan pengaruh tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, beban kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan anggota di Koperasi RS Haji Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Koperasi RS Haji Jakarta dengan jumlah sampel 76 responden menggunakan data primer yang berupa jawaban responden atas kuesioner, metode analisis deskriptif kuantitatif dengan hipotesis regresi linear berganda menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota di RS Haji Jakarta. 2) Beban Kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan anggota di Koperasi RS Haji Jakarta. 3) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan anggota di Koperasi RS Haji Jakarta.
Downloads
Copyright (c) 2022 Hernawati Chotib, Susanti Widhiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.