Konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dalam Kontek Kekinian

  • Toro Yudistiro Pascasarjana Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta, Indonesia
  • Nur Hadi Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta, Indonesia
Keywords: KH.Ahmad Dahlan, Pemikiran Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui biografi KH.Ahmad Dahlan serta mengungkap konsep pemikiran beliau dalam pendidikan khususnya pendidikan islam. Berdasar dari referensi dan literatur yang penulis dapatkan maka dapat disimpulkan bahwa : visi dan misi pendidikan KH.Ahmad Dahlan adalah untuk menguatkan Aqidah masyarakat. Tujuan pendidikan beliau adalah untuk membentik manusia (1) baik budi, yaitu alim dalam agama; (2) luas pandangan, yaitu alim dalam ilmu-ilmu umum; (3) bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat melalui pendidikan akhlak, pendidikan individu dan pendidikan sosial. Lembaga pendidikan menurut beliau harus dikelola dan diatur sebaik mungkin serta didukung oleh organisasi yang permanen. Konsep pendidikan islam yang beliau terapkan pada era setelah Indonesia merdeka di adopsi ke dalam kurikulum nasional dan pada era orde baru pendidikan agama dijadikan mata pelajaran wajib.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-08