Analisis Perkembangan Historiografi Timur Tengah dan Islam: Pra Islam, Islam Klasik, & Modern

  • Lintang Tranggono Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia
  • Nurwahidin Nurwahidin Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia
Keywords: Historiografi, Islam, Perkembangan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan historiografi timur tengah dan Islam yang berfokus dalam tiga masa yakni masa Pra Islam, masa Islam klasik, dan masa modern. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan untuk melakukan analisis berbagai sumber-sumber informasi melalui berbagai literatur untuk kemudian disusun dalam suatu kerangka pembahasan dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Historiografi timur tengah dan Islam telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak masa Arab Pra-Islam hingga masa modern sekarang. Perkembangan tidak hanya dalam wujud pengungkapan sejarah, namun juga mencakup metode penulisan dan tema yang diuraikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnard, A., Spencer, J. (2010). The Routledge Encyclopedia of Social and Cultural Anthropology. London & NY: Routledge Taylor & Francis Group.

Boham, I.S., Sentinuwo, S., Sambul, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang Tondano. Jurnal Teknik Informatika. 11(1), 1-7.

Fajriudin. (2018). Historiografi Islam: Konsepsi dan Asas Epistemologi Ilmu Sejarah dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Fauzi, M., Jannah, S.A. (2021). Peradaban Islam; Kejayaan dan Kemundurannya. Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam Al-Ibrah, 6(2), 1-26.

Gumilar, S. (2017). Historiografi Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern. Bandung: Pustaka Setia.

Hardjasaputra, A.S. (2015). Sejarah dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Artefak. 3(1), 1-6.

Hirschler, K. (2006). Medieval Arabic Historiography. London & NY: Routledge.

Indriana, N. (2020). Common Word Dalam Tiga Agama Samawi: Islam, Kristen, dan Yahudi. AN-NAS: Jurnal Humaniora. 4(1), 32-44.

Iryana, W. (2021). Historiografi Islam. Jakarta: Kencana.

Kosasih, A. (2021). History Learning As a Basis of Character Education: Comparative Analysis According to Perspectives JW Foerster, Thomas Lickona, and Erich Fromm. Sosio e-Kons. 13(1), 59-73.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bentang.

Machmudi, Y. (2020). Timur Tengah dalam Sorotan: Dinamika Timur Tengah dalam Perspektif Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Madjid, M.D., Wahyud, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penulisan Sejarah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nafis, A.W. (2020). Islam, Peradaban Masa Depan. Jurnal Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Al-Hikmah. 18(2), 117-134.

Rahman, Y., Hertiasa, H. (2018). Perancangan Permainan Digital “Kronik Majapahit†Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Sumpah Palapa Untuk Remaja. Jurnal Bahasarupa. 1(2), 125-135.

Ramadhan, A.M.Y.I., Nur, D., Tungadi, E. (2021). Aplikasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Seamless Learning. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI). 229-234.

Suhid, A., Fakhruddin, F.M. (2012). Gagasan Pemikiran Falsafah dalam Pendidikan Islam: Hala Tuju dan Cabaran. Journal of Islamic and Arabic Education, 4(1), 57-70.

Supriatna, E. (2019). Islam dan Kebudayaan: Tinjauan Penetrasi Budaya Antara Ajaran Islam dan Budaya Lokal/Daerah). Jurnal Soshum Insentif, 2(2), 282-287.

Suwarno. (2019). Kejayaan Peradaban Islam dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam. 20(2), 165-175.

Syahraeni, A. (2017). Sejarah Dalam Perspektif Al-Qur’an. RIHLAH: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan. 5(1), 29-41.

Yatim, B. (1997). Historiografi Islami. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Yatim, B. (2018). Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah II. Depok: Rajawali Pers.

Published
2023-05-25