Tanggapan Masyarakat Tentang Sosialisasi Program Jakarta Smart City (Studi Pada Akademisi Public Relations Dan Praktisi Public Relations)

  • Sharfina Nurhayati Pascasarjana Ilmu Komunikasi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta, Indonesia
Keywords: humas pemerintahan, cyber public relations, e-government, smart city

Abstract

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atau pengetahuan khalayak sasaran untuk merebut perhatian serta menumbuhkan persepsi atau opini yang positif terhadap suatu kegiatan dari sebuah lembaga/organisasi agar tercipta suatu kepercayaan dan citra baik di masyarakat. Sosialisasi dilakukan pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang program Jakarta Smart City yang sedang dibuat sehingga dapat dukungan dari publiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan akademisi dan praktisi public relations tentang sosialisasi program Jakarta Smart City. Kerangka konsep yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Government Public Relations, Cyber Public Relations dalam e-Government, Smart City, Smart Governance dan Smart Mobility yang pekerjaannya sudah menggunakan basis teknologi informasi dan komunikasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis, dan pendekatan penelitian kualitatif, serta sifat penelitian deskriptif. Strategi penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Metode pengumpulan data melalui studi dokumen dan wawancara mendalam dengan tiga orang informan dari satu orang Akademisi dan dua orang Praktisi Public Relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi yang diberikan pemerintah daerah Jakarta masih belum optimal karena masyarakat belum melihat event maupun kampanye tentang program Jakarta menuju Smart City.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-13