Analisis Kinerja Jaringan Jalan Kabupaten Berdasarkan LPJ dan SPM Jalan Di Wilayah Pengembangan Timur Kabupaten Bogor

  • Achmad Fathoni Universitas Pakuan Indonesia
  • Umar Mansyur Universitas Pakuan Indonesia
  • Ruchyat Deni Djakapermana Universitas Pakuan Indonesia
Keywords: Indeks Prasarana Jalan (IPJ), Kinerja jaringan jalan, Standar Pelayanan Minimum Jalan

Abstract

Wilayah Pengembangan (WP) Timur Kabupaten Bogor (7 kecamatan), memiliki posisi strategis dan mengalami perkembangan yang pesat serta sedang dalam proses pemekaran Kabupaten Bogor Timur. Penyelenggaraan infrastruktur jalan harus bisa mengantisipasi perkembangan suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja jaringan jalan kabupaten di WP Timur berdasarkan Indeks Prasarana Jalan (IPJ) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan. Gabungan berbagai aspek dari IPJ dan SPM Jalan menghasilkan 7 variabel penilaian kinerja jaringan jalan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dengan membuat perbandingan nilai dari 7 variabel pada eksisting jalan dengan nilai standar kinerja jalan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) jaringan jalan kabupaten di WP Timur tidak memenuhi variabel aksesibilitas, kondisi jalan dan beban lalu-lintas rendah (2) Kinerja jalan per kecamatan sebagai berikut: Cariu memenuhi semua variabel penilaian. Sukamakmur dan Tanjungsari tidak memenuhi variabel mobilitas dan kondisi jalan. Jonggol tidak memenuhi variabel aksesibilitas dan kondisi jalan. Klapanunggal tidak memenuhi variabel aksesibilitas, mobilitas dan kondisi jalan. Gunung Putri dan Cileungsi tidak memenuhi variabel aksesibilitas, mobilitas dan kondisi jalan serta beban lalu-lintas rendah (3) Perlu adanya pembangunan jalan baru pada kecamatan yang belum memenuhi variabel aksesibilitas dan mobilitas (4) Diperlukan peningkatan kondisi jalan dan perawatan jalan untuk kecamatan yang belum  memenuhi variabel kondisi jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donie Aulia, Mohamad. (2013). ANALISIS KEBUTUHAN JALAN DI KAWASAN KOTA BARU TEGALLUAR KABUPATEN BANDUNG. Majalah Ilmiah UNIKOM.

INDRA W PERDANA, INDRA. (2022). PENATAAN LALU LINTAS KAWASAN CBD KEDUNGDORO KOTA SURABAYA. POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA_STTD.

Indrashanty, Anzy, & Legowo, Poerwaningsih S. (2017). Aksesibilitas dan Mobilitas Transportasi di Provinsi Bengkulu dalam Konteks Negara Maritim dan Penguatan Daerah Tertinggal. Jurnal Transportasi Multimoda, 14(2), 95–104.

Jusuf, Yusran, & Masniawati, Andi. (2022). 43 Hari Menjabat Walikota; Prestasi dan Kontroversi. Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin.

Kadir, Abdul. (2006). Transportasi: peran dan dampaknya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Jurnal Perencanaan Dan Pengembangan Wilayah Wahana Hijau, 1(3), 121–131.

Karmina, Liza, Anggraini, Renni, & Isya, Muhammad. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PELAYANAN JARINGAN JALAN LINTAS TIMUR PROVINSI ACEH BERDASARKAN INDIKATOR INDEKS PRASARANA JALAN (IPJ). Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 111–122.

Machmud, Muslimin. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prnsip Dasar Penelitian Ilmiah. Research Report.

Martono, Nanang. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.

Maulana, Febriyanti. (2007). Evaluasi Kinerja Jaringan Jalan Kabupaten di Wilayah Kabupaten Serang. Dipetik 12 30, 2015, Dari Digital Library ITB: Http://Digilib. Itb. Ac. Id/Files/Disk1/555/Jbptitbpp-Gdlfebriyanti-27730-5-2007ts-4. Pdf.

Musdalifa, Armindah. (2018). Studi Penentuan Lokasi Agroindustri Berbasis Komoditas Unggulan Sektor Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nabawi, Ilham, Tjung, Liong Ju, & Pribadi, I. G. Oka Sindhu. (n.d.). STUDI PERKEMBANGAN LAHAN TERBANGUN SERTA KESESUAIAN TERHADAP RTRW KABUPATEN BOGOR TAHUN 2016-2036.

Nugraha, Pramusintha, Mulyanto, Budi, & Munibah, Khursatul. (2021). Peran Administrasi Pertanahan dalam Pengendalian Pemanfaatan Kawasan Pertanian Lahan Basah Kabupaten Bogor. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Perdesaan), 5(1), 28–43.

Panjaitan, Arif Manotar. (2013). Kajian Sistem Jaringan Jalan di Wilayah Kota Pekanbaru. Jurnal Teknik Sipil USU, 2(1).
Siregar, Puspa Sari. (2021). Analisis Kontribusi Pajak Daerah Bagi Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kabupaten Asahan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Soelistijo, Adi, & Hadi, Prayoga Luthfil. (2019). Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Jalan Nasional. Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia), 5(2), 85–96.
TIMUR, KAWASAN AGROPOLITAN D. I. KABUPATEN LUWU. (n.d.). ARAHAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR JALAN UNTUK MENDUKUNG RENCANA PENGEMBANGAN.
Zanuardi, Arvian, & KEBUMIAN, LINGKUNGAN D. A. N. (2018). Pemanfaatan Prinsip Value for Money dalam Penentuan Prioritas Pemeliharaan Jalan Nasional di Perkotaan (Studi Kasus: Jalan Nasional di Wilayah Kota Surabaya). Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum, 10(1), 16–31.
Published
2023-02-02