Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an pada Anak di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III
Abstract
Orang tua berperan penting dalam memberikan pendidikan dan pemahaman kepada anak. Termasuk dalam memotivasi anak menghafal Al-Qur’an. Dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an tidak hanya peran dari sekolah atau tempat kegiatan menghafal Al-Qur’an melainkan peran orang tua juga dibutuhkan. Jadi, orang tua berperan besar dalam keberhasilan menghafal Al-Qur’an pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an pada anak di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. Penelitian ini dilakukan pada orang tua dari anak yang menghafal Al-Qur’an di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. pada penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif-deskriftif. Data yang diperoleh dari hasil obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori skema hubungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua keluarga menerapkan pola komunikasi dari segi orientasi percakapan dan orientasi konformitas yang cukup tinggi, kedua keluarga dari anak yang menghafal Al-Qur’an memiliki tipe jenis keluarga konsensual. motivasi yang dilakukan oleh kedua keluarga di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III, yaitu dengan cara memberikan nasehat, memberikan dukungan, Selain itu para orang tua memberikan sebuah hadiah atau imbalan untuk anaknya.
Downloads
Copyright (c) 2022 Idil Adha Nisa, Isnawijayani Isnawijayani, Sri Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.