Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an pada Anak di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III

  • Idil Adha Nisa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darman Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Isnawijayani Isnawijayani Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darman Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Sri Lestari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darman Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: komunikasi interpersonal, orang tua,, motivasi

Abstract

Orang tua berperan penting dalam memberikan pendidikan dan pemahaman kepada anak. Termasuk dalam memotivasi anak menghafal Al-Qur’an. Dalam  kegiatan menghafal Al-Qur’an tidak hanya peran dari sekolah atau  tempat kegiatan menghafal Al-Qur’an melainkan peran orang tua juga dibutuhkan. Jadi, orang tua berperan besar dalam  keberhasilan menghafal  Al-Qur’an pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal orang tua dalam  memotivasi menghafal Al-Qur’an pada anak di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. Penelitian ini dilakukan pada orang tua dari anak yang menghafal Al-Qur’an di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. pada penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif-deskriftif. Data yang diperoleh dari hasil obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori skema hubungan  keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua keluarga menerapkan pola komunikasi dari segi orientasi percakapan dan orientasi konformitas yang cukup tinggi, kedua keluarga dari anak yang menghafal Al-Qur’an memiliki tipe jenis keluarga konsensual. motivasi yang dilakukan oleh kedua keluarga di Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III, yaitu dengan cara memberikan  nasehat, memberikan dukungan, Selain itu para orang tua memberikan sebuah hadiah atau imbalan  untuk anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-22