Stereotype Perempuan di Media Film: Obyek, Citra dan Komoditi

  • Dwi Kartikawati

Abstract

Perempuan dan film. Film sebagai media masih menempatkan posisi perempuan penuh dengan  stereotype.  Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana stereotype perempuan di media Film yang dikaji adalah Film Love For Sale. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda dan pesan pesan yang mestereotipekan perempuan dalam film tersebut.  Pendekatan  penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Semiotika Roland Barthes, yang menganalisis menggunakan dua pemaknaan bertingkat, yaitu makna denotasi, makna konotasi dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanda-tanda stereotype perempuan dalam Film Love For Sale ini adalah tanda sebagai obyek yaitu obyek hasrat kepuasan laki-laki, kemudian sebagai citra, antara lain:  citra pigura, citra peraduan, citra pinggan dan citra pergaulan. Ketiga adalah sebagai komoditi yang diwujudkan melalui komoditi fisik, dan perilaku. Dengan demikian stereotype tersebut menguatkan mitos perempuan adalah pihak yang subordinate yang menggiring perempuan sebagai obyek, citra dan komoditi yang menguatkan pengukuhan hegemoni laki-laki atas perempuan.

Kata kunci: Stereotype, Perempuan, Media

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-20