Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Kuliah Daring Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji motivasi belajar mahasiswa saat kuliah daring selama pandemi covid-19. Mengkaji faktor yang mendukung motivasi belajar mahasiswa saat kuliah daring selama pandemi Covid-19. Mengkaji faktor penghambat motivasi belajar mahasiswa saat kuliah daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskribtif. Penelitian kualitatif merupakan suatu proses kegiatan penelitian yang dilakukan oleh seseorang untuk memahami, menganalisis, mendeskribsikan, dan menjelaskan fenomena dan realitas sosial yang ada di STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Verifikasi keabsahan data menggunakan bahan refrensi, member check, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan/verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya penurunan motivasi belajar pada diri mahasiswa ketika perkuliahan dilakukan secara daring selama pandemi covid-19. Faktor pendukung mahasiswa saat kuliah daring selama pandemi covid-19 seperti jaringan internet yang lancar, perlatan teknologi seperti telepon pintar dan laptop, cuaca cerah yang menyebabkan jaringan internet menjadi lancar, paket data, dan juga dukungan dari orang tua. Faktor penghambat mahasiswa saat kuliah daring selama pandemi covid-19 seperti terjadinya gangguan internet yang menyebabkan jaringan internet menjadi terganggu atau tidak lancar, kekurangan paket data, cuaca hujan disertai petir yang menyebabkan gangguan pada jaringan internet menjadi terganggu dan tidak lancar, ketika mahasiswa sedang melakukan perkuliahan daring selama pandemi covid-19.
Downloads
Copyright (c) 2022 Edy Jumrio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.