Penggunaan Aplikasi Sipandu Dalam Rangka Kemudahan Pelayanan Pertanahan Dikantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara

  • Asep Dindin Haerudin Programi Studi Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Jayabaya Jakarta
Keywords: layanan berbasis elektronik, pelayanan public, rumus product moment pearson, rumus cronbach‟s alpha

Abstract

Kemudahan faktor pelayanan pada sektor pertanahan adalah sebuah visi yang dirancang demi mewujudkan misi alam peningkatkan kualitas pelayanan.Sebagai bentuk inovasi maka lahirlah ide untuk membuat sebuah layanan berbasis elektronik yang saling terintegrasi, yaitu SI PANDU (SistemPortal InformasiTerpadu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara yang diukur menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara mengumpulkan data dan informasi secara langsung dari masyarakat yang melakukan pelayanan publik untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dari pelayanan di kantor pertanahan kota administrasi Jakarta utara. Penelitian dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara pada bulan Februari 2022 sampai dengan Mei 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach‟sAlpha. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara periode Februari tahun 2022 sampai dengan Mei 2022 adalah sangat baik atau memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-27