Analisis Self Regulated Learning Pada Siswa Di SMK Kristen Lirung

  • Tellma Monna Tiwa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Keywords: Self-regulated learning, Siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan self-regulated learning siswa di SMK Kristen Lirung. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala. Instrumen yang digunakan berupa skala kemampuan self-regulated learning. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan self-regulated learning pada siswa di SMK Kristen Lirung secara keseluruhan berada pada kategori sedang, yaitu dengan perolehan kemampuan self-regulated learning dalam kategori sedang. Hasil analisis pada setiap aspeknya yakni, pada 1) aspek perencanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 41 siswa (61,19%) yang meliputi menentukan strategi belajar yang akan digunakan, merasa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas, dan mengatur diri untuk persiapan belajar, 2) pada aspek pelaksanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 35 siswa (59,7%) meliputi menerapkan strategi kognitif dan metakognitif, memonitor dan mengontrol emosi dan motivasi belajar, dan melakukan kegiatan, serta 3) aspek evaluasi berada pada kategori sedang, dengan jumlah siswa dalam kategori rendah 43 siswa (64,2%) meliputi memilih strategi untuk mengatasi kegagalan, merasa mampu mengevaluasi hasil belajar, meninjau kembali hasil pekerjaan sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-29