Penerapan Imc Pada Airasia Indonesia Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Selama Pandemic Covid-19

  • Edho Rezky Anugrah Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, Indonesia
  • Lamria Raya Fitriyani Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, Indonesia
  • Tri Hantoro Bhakti Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, Indonesia
Keywords: Integrated Marketing Communication, Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Virus corona membawa dampak negatif yang sangat besar ke berbagai macam sektor industri. Salah satu industri yang terkena dampak cukup besar dari pandemi covid-19 adalah sektor penerbangan. Selama pandemic covid-19 berlangsung hampir setiap maskapai di seluruh dunia mencari cara untuk mengatasi kesulitan agar maskapainya tidak bangkrut dan loyalitas pelanggan juga tidak menurun. Salah satu maskapai yang aktif dalam melakukan bauran pemasaran di tengah wabah pandemi covid-19 adalah AirAsia Indonesia. Walaupun bisa dikatakan AirAsia juga mengalami kerugian yang cukup besar, namun AirAsia masih cukup aktif dalam melakukan bauran pemasaran sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam lagi mengenai apakah strategi bauran pemasaran AirAsia dapat berhasil menarik minat para calon konsumen untuk tetap memakai jasa penerbangan AirAsia di tengah wabah pandemi covid-19 sekaligus mempertahankan loyalitas konsumen nya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrated Marketing Communication dari Kotler & Keller. Hasil penelitian menunjukan bahwa AirAsia dapat mempertahankan loyalitas pelanggannya untuk tetap menggunakan maskapai penerbangan AirAsia selama pandemic covid-19 berlangsung, dengan pengaruh unsur IMC terbesar yaitu advertising, sales promotion, direct and database marketing, mobile marketing, online and social media marketing, serta public relations and publicity.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-03