Pengaruh Pembelajaran Daring Vs Luring Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Probolinggo

  • Badli Badli Program studi Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ibut Priono Leksono Program studi Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ujang Rohman Program studi Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Keywords: pembelajaran daring, pembelajaran luring, kemampuan awal, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kebonsari Kulon 1 dan SDN Kebonsari Kulon 3 Kota Probolinggo dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran daring versus metode pembelajaran luring. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan awal (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar siswa. (3)Untuk mengetahui pengaruh keterkaitan antara pembelajaran daring dengan pembelajaran luring dan keterampilan awal pada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Two-Way Anova (assortment of two section). Metodologi percobaan adalah observasi dibawah kondisi buatan yang diarahkan oleh peneliti. Rencana ini dimanfaatkan karena dinilai lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran daring dan siswa yang mendapatkan pembelajaran luring, hipotesis pertama. (2)Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal (tinggi dan rendah) hipotesis kedua. (3)Ada hubungan antara pemanfaatan metode pembelajaran daring versus pembelajaran luring dengan kemampuan awal pada hasil belajar, hipotesis ketiga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04