Implementasi Seni Tari Ronggeng Paser Terhadap Perkembangan Sosial Emosional AUD
Abstract
Tujuan pendidikan seni pada anak usia dini dalam pelaksanaannya lebih mengutamakan proses daripada hasil, dengan penekanan segi proses maka sasaran belajar pendidikan seni tidak mengharapkan anak didik menjadi seniman, melainkan sebagai wahana berekspresi dan berimajinasi, berkreasi sekaligus yang dapat menimbulkan rasa senang pada anak. Seni tari tradisional merupakan salah satu produk kebudayaan yang banyak dihasilkan masyarakat Indonesia di masa lampau, Salah satu seni tari tradisional tersebut adalah tari ronggeng paser. Tari Ronggeng sebagai media pembelajaran untuk mendukung perkembangan sosial emosional PAUD dengan pertimbangan, Gerakan sederhana dan sedikit, sehingga mudah dicontoh dan dilakukan anak-anak usia dini baik perorangan maupun berkelompok, Berdasarkan hal tersebut, penggalian data dengan, 1)Metode Pembelajaran, 2)Implementasi, 3)Strategi, 4)Perilaku perkembangan yang muncul, peneliti memilih dua lembaga PAUD tersebut karna memiliki program unggulan dalam Kurikulumnya yang bermuatan seni tari ronggeng paser yaitu di TK Kartika V-14 Tanah Grogot dan TK Kuncup Harapan Tanah Grogot Kalimantan Timur.
Downloads
Copyright (c) 2022 Mika Aty, Darmiyati Darmiyati, Agus Rifani Syaifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.