Efektifitas Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dan NHT (Numbered Head Together) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 35 siswa di SDN Plumbon 01. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan efektivitas kedua model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,067 > 0,05. Hal ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TGT dan NHT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Plumbon 01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dan TGT memiliki keefektifan yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
Copyright (c) 2022 Ayu Wulandari, Adi Winanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.