Pengaruh Social Media Advertising Features di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Brand Engagement dan Purchase Intention pada Brand Fashion

  • Rakan Adiantoro Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia
Keywords: Social Media Advertising, Brand Engagement, Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh social media advertising features di masa Pandemi Covid-19 Terhadap Brand Engagement dan Purchase Intention pada Brand Fashion. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu data yang diperoleh dengan cara menyebarkan kusioner online menggunakan platform social messenger dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung melalui buku, jurnal dan website sebagai pendukung data primer dalam penelitian. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode convenience sampling untuk mengambil sampel dari seluruh target populasi sehingga diperolah 200 responden yang tergolong generasi Z dan generasi Y (milenial) serta telah melakukan frekuensi pembelian brand fashion selama 6 bulan terakhir. Analisa data untuk uji hipotesis menggunakan analisa SEM – PLS menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa elemen dari social media advertising features yang mempengaruhi brand engagement dan purchase intention. Hasil penelitian antara lain adalah brand engagement memiliki pengaruh yang positif terhadap purchase intention; interactivity memiliki pengaruh yang positig terhadap brand engagement; perceived relevance memiliki pengaruh yang positif terhadap brand engagement; informativeness memiliki pengaruh yang positif terhadap brand engagement; entertainment memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand engagement; trendiness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand engagement; eWom memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand engagement. Berdasarkan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengganti atau menambahkan variabel-variabel independen lainnya sehingga dapat menghasilkan penelitian terbaru yang mampu memperkuat keterkaitan dengan variabel dependen agar model penelitian semakin lengkap. guna meningkatkan minat beli konsumen, perusahaan perlu melakukan peningkatan pada penggunaan social media advertising dengan lebih memperhatikan aspek-aspek pada saat perusahaan akan memilih ataupun menciptakan ide yang akan dituangkan ke dalam social media advertising.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-14