Peran Ekuitas Merek Dan Persepsi Nilai Yang Dirasakan Sebagai Mediasi Hubungan Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Niat Membeli Kembali (Studi Pada Instagram Erigo)

  • Razuliah Milatalata Universitas Islam Indonesia
  • Arif Hartono Universitas Islam Indonesia
Keywords: aktivitas pemasaran media sosial, ekuitas merek, persepsi nilai yang dirasakan, niat membeli kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh hubungan aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat membeli kembali pada Instagram Erigo dengan ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan sebagai mediasi. Populasi pada penelitian ini yaitu individu yang mempunyai Instagram, berumur kurang dari 17 tahun sampai 50 tahun ke atas, dan berdomisili di Indonesia. Metode dan teknik sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dan convenience sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 234 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan metode survei daring. Metode analisis data yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Model) dengan teknik PLS (Partial Least Square) yang diolah dengan SmartPLS. Temuan hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan. Ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali. Selanjutnya, ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan memediasi parsial positif dan signifikan pada pengaruh hubungan aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat membeli kembali. Terkecuali, aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat membeli kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-18