Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Skincare Dari Korea Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen (Dengan Menggunakan Media Sosial Instagram)

  • Aliya Fitriana Nafila Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Elfrida Viesta Napitupulu Program Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie
Keywords: Celebrity endorser, Image brand, Instagram, Keputusan pembeli, Strategi

Abstract

Banyaknya produk skincare yang ada di pasar mengakibatkan persaingan antar brand skincare di Indonesia. Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pun harus dipikirkan agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk skincare. Kepercayaan dan penggunaan media sosial juga dapat menjadi faktor dalam memperngaruhi keputusan konsumen dalam memilih barang/produk yang bagus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan brand image skincre dari Korea terhadapat keputusan pembelian dan kepuasan konsumen dengan menggunakan sosial media seperti Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 149 responden sebagai sempel, akan tetapi hanya 133 responden yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini merupakan followers instagram yang melakukan pembelian skincare karena menyukai celebrity brand Korea tersebut. Pengambilan sampel ini dapat berdasarkan dari metode purposive sampling. Data skunder di ambil degan studi kepustakaan, seperti jurnal, makalah, e-book, majalah, dan lainnya. Data primer yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan Software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan image brand dengan menggunakan celebrity endorses yang berpengaruh dan dapat menarik perhatian konsumen yang biasanya di tampilkan di Instagram sebagai media promosi brand – brand skincare dari korea.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-18