MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAKAN KINERJA GURU (Studi deskriptif kualitatif di SMK Bandung Barat 2 Cihampelas dan SMK IT NU Saguling)

  • Mukhamad Arief Baehaqi

Abstract

Saat ini pengawasan dalam lingkungan sistem sekolah telah menunjukkan jejak
seolah-olah lebih menekankan struktur seperti manajemen pendanaan, pemegang
saham, bangunan, dan alat-alat lain dan fasilitas fisik. Sementara yang lain
kekurangan pemberitahuan dalam mengontrol terhadap proses belajar mengajar.
Kurangnya perhatian ini bergantung pada masalah yang menjadi kendala dalam
meningkatkan pengajaran dan kualitas pendidikan. Kepala sekolah sendiri
berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, pengawas, pemimpin, inovator
dan motivator, karena efektivitasnya kunci utama pada aplikasi pengawasan
akademik dalam memberdayakan semua sumber potensi sumber, baik operasional
maupun pribadi. Berkaitan dengan ini kemampuan guru profesional adalah faktor
penting untuk memutuskan dalam menciptakan layanan pengajaran guna
peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tentang supervisi akademik dalam manajemen pendekatan sebagai fungsi dimana
kepala sekolah membuat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
evaluasi yang dilaksanakan kepada guru dengan meningkatkan kualitas dalam
mengajar siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi karena
objek yang diuji dapat dilihat dari dua unit kesatuan yang dapat dilihat. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini dapat menunjukan bahwa peran Kepala Sekolah sebagai pengawas
pendidikan di lingkungan kerja pada umumnya, telah melakukan pengawasan
akademik sesuai dengan ketentuan, didukung oleh keterampilan teoretis atau teknis
yang dimiliki.
Kata Kunci : Manajemen, Pengawasan Dan Kinerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-31