Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849

      e-ISSN : 2548-1398

      Vol.4, No.8 Agustus 2019

 


HUBUNGAN DUKUNGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN UJUNGGEBANG I SUKRA INDRAMAYU

 

Suryawan Bagus Handoko dan Hadi Setiawan

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Amin Indramayu

Email: suryawanbagush@gmail.com dan apabaeee@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian  ini  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  pelaksanaan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Penelitian  ini  adalah  penelitian  lapangan  dengan  pendekatan  kuantitatif. Subyek penelitian ini diambil dari 60 responden terdiri dari kelas I, II, III,  IV,  V  dan  VI  dengan menggunakan  teknik  stratified  sampling. Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini adalah dengan menyebarkan intrumen  angket  untuk mencari data dukungan belajar PAI orang tua (X) dan menggunakan hasil nilai ujian  semester  untuk  data  prestasi  belajar  PAI  (Y).  Adapun  metode  analisi  data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis penelitian  menunjukkan  dengan  taraf signifikansi  5%  dk  pembilang  1  dan  dk  penyebut  =  N–2=58 diperoleh F tabel sebesar 4,01 sedang Freg sebesar 5,0484164. Jika dibandingkan keduanya  Freg > Ftabel. Sedangkan sumbangan (X) terhadap (Y)  sebesar 0,08 (8%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Ŷ =47,7373755 + 0,53767865 X. Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  variabel  dukungan  belajar  PAI orang tua dan variabel prestasi belajar PAI siswa di  SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu  pada taraf signifikansi 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel   dukungan  belajar  PAI   orang  tua  berhubungan  positif  dan  signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan  informasi  bagi  khasanah  ilmu  pengetahuan  dan  civitas  akademika  dan semua  pihak  yang  membutuhkan  dilingkungan  SDN  Ujunggebang  I  Sukra Indramayu,  dan  juga  bagi  orang  tua  agar  senantiasa  memberikan  perhatian  dan bimbingan  kepada  peserta  didik  sehingga  peserta  didik  dapat  meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam mata pelajaran PAI.

 

Kata kunci : dukungan orang tua, prestasi belajar dan pendidkan agama Islam

 

 

 

 

 

Pendahuluan

Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan. Dalam  pendidikan tersebut terdapat suatu hubungan antara dua pihak, yakni pihak orangtua sebagai pendidik, dan pihak anak yang dididik.

Pendidikan adalah topik yang tidak pernah habis untuk diperbincangkan (unfinished agenda). Bahkan pendidikan selalu menjadi bahan perdebatan. Semua orang mengambil bagian bila yang dibicarakan adalah pendidikan (Marpuah, 2017).

Keberhasilan pendidikan agama disekolah bukan terutama terletak pada metode pendidikan agama yang digunakan atau penguasaan bahan, akan tetapi kunci  keberhasilan pendidikan agama disekolah sebenarnya terletak pada pendidikan agama dalam rumah tangga, pendidikan agama dalam rumah tangga  seharusnya  tidak  boleh  terpisah dari pendidikan agama disekolah. Pendidikan agama dalam keluarga merupakan pondasi, kemudian dilanjutkan disekolah sebagai pengembangan selanjutnya (Tafsir, 1991). Peran orang tua dalam menjalankan tugasnya mendidik anak menjadi sangat penting karena dalam mencapai keberhasilan belajar dukungan orang tua  sangat  menetukan proses perkembangan  dan kemajuan belajar anak-anaknya.

Kedudukan orang tua merupakan utama  dan  pertama  bagi  anak-anaknya.  Hal ini karena hubungan mereka amat mendasar dalam perkembangan kepribadian anaknya, Sedang pertama adalah karena orang tua merupakan orang yang pertama dan paling  banyak melakukan  kontak  dengan  anaknya (Tafsir, 1991). Dari merekalah anak  mula-mula menerima  pendidikan.  Dengan  demikian  bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga (Daradjat, 1996). Dalam keluarga orangtua bertanggung jawab memberikan pendidikan kepada anaknya dengan pendidikan yang baik berdasarkan nilai-nilai akhlak dan spiritual yang luhur (Djamarah, 2004)

Dalam penelitian ini, pembahasannya khusus pada Pendidikan Agama Islam  (PAI),  mengingat  pendidikan  tersebut  baik  di  sekolah  maupun  di rumah,  anak  sama-sama  mendapatkan  pendidikan  agama   Islam,  walaupun pendidikan di rumah tidak sistematis seperti pendidikan yang dilaksanakan di sekolah.  Dilihat  dari  sisi  keluarga,  siswa  SDN  Ujunggebang  I  Sukra Indramayu, latar belakang orang tua rata-rata  berasal dari pendidikan yang tinggi dan tingkat ekonomi yang cuku atau menengah keatas, tetapi dikarenakan mereka mempunyai banyak kesibukan dalam pekerjaanya  sehingga mereka kurang dalam memperhatikan dan bertemu dengan anaknya. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa waktu antara orang tua bersama dengan anak sangat kurang. Namun ketika dukungan belajar PAI yang diberikan orang  tua  baik,  apakah  juga  akan  berhubungan positif terhadap prestasi belajar.

Berdasarkan hasil pengamatan penulis dan wawancara dengan guru kelas khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat diketahui bahwa: (1). Ada beberapa siswa yang jarang mengerjakan PR dan tugas  yang diberikan guru, alasan mereka bermacam -macam ada yang lupa, tidak bias mengerjakannya, malas dan lain-lain; (2). Ada beberapa siswa yang tidak  mempunyai  buku  cetak  dan  LKS;  (3)  Orang  tua  jarang  bertanya mengenai  hasil  belajar  disekolahnya;  (4).  Orang  tua  kurang  memberikan pengawasan, bimbingan dan  bantuan  ketika  anak  sedang  belajar  (5). Rendahnya  nilai  rata-rata  ujian  formatif  mata  pelajaran  PAI  siswa.  Hal  ini diduga karena kurangnya aktivitas siswa dalam belajar yang juga disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua terhadap belajar siswa di rumah. Dugaan tersebut berdasarkan dari pernyataan beberapa orang siswa yang menyatakan bahwa orang tua mereka jarang sekali mengawasi ataupun menemani mereka belajar di rumah. Jadi, dapat dikatakan bahwa kurang maksimalnya prestasi belajar yang dicapai sebagian siswa SDN  Ujunggebang I Sukra  Indramayu sangat  berhubungan  dengan  kurangnya  perhatian  orangtua  terhadap  belajar siswa, terutama saat belajar di rumah.

 

Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian  lapangan  dengan pendekatan  kuantitatif,  yaitu  metode  penelitian  yang  digunakan  untuk meneliti  pada populasi atau sampel tertentu. Dalam sampel pada umumnya teknik  pengambilannya dilakukan secara random, pengumpulan  data menggunakan  instrumen  penelitian,  analisis  data  bersifat  kuantitatif  atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiyono, 2013).

 

Hasil dan Pembahasan

1.      Dukungan Belajar Orang terhadap Mata Pelajaran PAI ( X )

Setelah melakukan penelitian, peneliti mendapatkan hasil studi lapangan berupa data tentang hubungan Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu dengan menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada orang tua siswa kelas I, II , III, IV, V, dan VI dengan jumlah 60 orang tua siswa sebagai responden. Adapun hasil dari uji coba instrumen tersebut terdapat 20 item soal instrumen angket tentang Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua yang valid dan reliabel. Dari hasil uji coba instrument angket tersebut kemudian disebarkan kepada 60 orang tua siswa sebagai responden. Untuk mengetahui jawaban lebih jelas data hasil penelitian dapat dilihat pada deskripsi sebagai berikut:

Untuk mengetahui nilai data tentang Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua, maka didapat dengan menjumlahkan skor jawaban dari responden sebagaimana dalam tabel berikut:

Tabel 1.

Daftar Hasil Angket Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar PAI

 

 

 

Alternatif Jawaban

 

 

 

 

 

Skor

 

 

 

 

R

 

Positif

 

 

Negatif

 

 

Positif

 

 

Negatif

 

Total

 

A

B

C

D

A

B

C

D

4

3

2

1

1

2

3

4

 

R1

6

2

 

2

0

0

0

 

4

6

24

6

4

0

0

0

12

24

70

R2

9

1

 

0

0

0

0

 

2

8

36

3

0

0

0

0

6

32

77

R3

8

0

 

1

1

0

0

 

2

8

32

0

2

1

0

0

6

32

73

R4

9

1

 

0

0

0

0

 

3

7

36

3

0

0

0

0

9

28

76

R5

6

2

 

2

0

0

0

 

1

4

24

6

4

0

0

0

3

16

53

R6

5

2

 

2

1

0

0

 

0

10

20

6

4

1

0

0

0

40

71

R7

8

1

 

1

0

0

0

 

1

9

32

3

2

0

0

0

3

36

76

R8

6

2

 

2

0

0

0

 

1

9

24

6

4

0

0

0

3

36

73

R9

4

4

 

2

0

0

0

 

4

6

16

8

4

0

0

0

12

24

64

R10

4

4

 

1

1

0

0

 

3

7

16

8

2

1

0

0

9

28

64

R11

6

2

 

2

0

0

0

 

0

10

24

6

4

0

0

0

0

40

74

R12

8

1

 

1

0

0

0

 

2

8

32

3

2

0

0

0

6

32

75

R13

6

2

 

1

1

0

0

 

4

6

24

6

2

1

0

0

12

24

69

R14

7

1

 

1

1

0

0

 

0

10

28

3

2

1

0

0

0

40

74

R15

5

3

 

1

1

0

0

 

3

7

20

9

2

1

0

0

12

28

72

R16

8

1

 

1

0

0

0

 

4

6

32

3

2

0

0

0

12

24

73

R17

5

3

 

1

1

0

0

 

2

8

20

9

2

1

0

0

6

32

70

R18

6

2

 

1

1

0

0

 

4

6

24

6

2

1

0

0

12

24

69

R19

8

1

 

1

0

0

0

 

2

8

32

3

2

0

0

0

6

32

75

R20

7

1

 

1

1

0

0

 

3

7

28

3

2

1

0

0

9

28

71

R21

7

3

 

0

0

0

0

 

2

8

28

9

0

0

0

0

6

32

75

R22

6

2

 

2

0

0

0

 

4

6

24

6

4

0

0

0

12

24

70

R23

5

3

 

2

0

0

0

 

5

5

20

9

4

0

0

0

16

20

69

R24

7

2

 

1

0

0

0

 

3

7

28

6

2

0

0

0

12

28

76

R25

4

5

 

1

0

0

0

 

6

4

16

15

2

0

0

0

18

16

70

R26

4

6

 

0

0

0

0

 

5

5

16

18

0

0

0

0

16

20

66

R27

5

3

 

2

0

0

0

 

7

3

20

9

4

0

0

0

21

12

67

R28

3

5

 

2

0

0

0

 

4

6

12

15

4

0

0

0

12

24

68

R29

2

6

 

2

0

0

0

 

2

8

8

18

4

0

0

0

6

32

69

R30

3

6

 

1

0

0

0

 

3

7

12

18

2

0

0

0

9

28

69

R31

4

5

 

1

0

0

0

 

4

6

16

15

2

0

0

0

12

24

69

R32

7

2

 

1

0

0

0

 

5

5

28

6

2

0

0

0

15

20

71

R33

6

4

 

0

0

0

0

 

3

7

24

12

0

0

0

0

9

28

73

R34

8

1

1

0

0

0

 

1

9

32

3

2

0

0

0

3

36

76

R35

5

4

1

0

0

0

 

3

7

20

12

2

0

0

0

9

28

71

R36

7

2

1

0

1

0

 

0

9

28

6

2

0

1

0

0

36

73

R37

8

0

1

1

0

0

 

1

9

32

0

2

1

0

0

3

36

74

R38

7

1

2

0

0

0

 

2

8

28

3

4

0

0

0

6

32

73

R39

9

1

0

0

0

0

 

5

5

36

3

0

0

0

0

15

20

74

R40

7

3

0

0

0

0

 

0

10

28

9

0

0

0

0

0

20

57

R41

6

1

3

0

0

0

 

0

10

24

3

6

0

0

0

0

40

73

R42

5

4

1

0

0

1

 

3

6

29

12

2

0

0

2

9

24

78

R43

8

2

0

0

0

0

 

3

7

32

6

0

0

0

0

9

28

75

R44

6

2

2

0

0

1

 

3

6

24

6

4

0

0

2

9

24

69

R45

6

3

1

0

0

0

 

3

7

24

9

3

0

0

0

9

28

73

R46

8

2

0

0

0

1

 

0

9

32

6

0

0

0

2

0

36

76

R47

4

5

1

0

0

1

 

4

5

16

15

2

0

0

2

12

20

67

R48

5

1

4

0

0

0

 

4

5

15

4

8

0

0

0

12

20

59

R49

7

1

2

0

0

0

 

0

10

28

3

4

0

0

0

0

40

75

R50

6

3

1

0

0

0

 

5

5

24

9

2

0

0

0

15

20

70

R51

6

4

0

0

0

0

 

2

8

24

12

0

0

0

0

6

32

74

R52

7

1

2

0

0

0

 

2

8

28

3

4

0

0

0

6

32

73

R53

6

2

2

0

0

0

 

2

8

24

6

4

0

0

0

6

32

72

R54

9

1

0

0

0

0

 

5

5

36

3

0

0

0

0

15

20

74

R55

6

2

2

0

0

0

 

0

10

24

6

4

0

0

0

0

40

74

R56

4

6

0

0

0

0

 

3

7

16

18

0

0

0

0

9

28

71

R57

4

4

2

0

0

0

 

0

10

16

12

0

0

0

0

0

40

68

R58

7

3

0

0

0

2

 

2

6

28

9

0

0

0

6

6

24

73

R59

8

1

1

0

0

0

 

4

6

32

3

2

0

0

0

12

24

73

R60

6

2

2

0

0

0

 

4

6

24

6

4

0

0

0

12

24

70

 

 

 

 

 

 

 

Total Keseluruhan

 

 

 

 

 

 

4240

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah dilakukan perhitungan data sebagaimana hasilnya di atas, kemudia dapat dianalisis sebagai berikut:

a)      Mencari mean (rata-rata) nilai dukungan belajar PAI dari orang tua

b)      Mencari jumlah interval (banyaknya kelas)

    K     = 1 + 3,3 Log N

    1 + 3,3 Log 60

                 1 + 3,3 (1,77815)

                            1 + 5,867899

                                                         6,867899 = 7 (dibulatkan)

c)      Mencari range

                 R = H – L

                       78 – 50

                       28

d)     Menentukan interval

Untuk memberikan penafsiran terhadap nilai rata-rata (mean) variabel X yaitu Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua, maka digunakan pedoman kategori kualitas Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua sebagaimana berikut:

Tabel 2.

Kategori Kualitas Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua

Interval Kelas

Kategori

77 – 80

Istimewa

73 – 76

Sangat Baik

69 – 72

Baik

65 – 68

Cukup

61 – 64

Kurang Baik

57 – 60

Sangat Kurang

53 – 56

Buruk

 

Berdasarkan hasil perhitungan mean variabel X (Dukungan Belajar orang tua terhadap mata pelajaran PAI) adalah 70,66. Hal ini menunjukkan bahwa Dukungan Belajar PAI dari Orang Tua peserta didik SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu yaitu pada interval 69-72 dan termasuk dalam kategori baik.

  1. Prestasi Belajar PAI SDN Ujunggebang I Sukra (Y)

Nilai data tentang prestasi belajar PAI didapat dari hasil ujian akhir semester ( raport) dengan menjumlahkan nilai dari responden sebagaimana dapat dilihat dalam tabel berikut:

                                                                                                            Tabel 3.

Daftar Nilai Raport Peserta Didik Mata Pelajaran PAI

SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu

No

Nama Siswa

Kelas

Nilai

 

 

Raport

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Alif Putra Pradana

I

80

 

 

2

Aurin Oktaviani

I

70

 

 

3

Hayqal Bagus

I

73

 

 

4

Kayla Saskia

I

89

 

 

5

Aryatama Putraditya

I

70

 

 

6

Rasya Rahman

I

97

 

 

7

Tarnisha Ramadhanis

I

88

 

 

8

Naura Asy Syifa

I

90

 

 

9

Fauziah Nur Inaya

I

70

 

 

10

Catika Candra Dewi

I

64

 

 

11

Saskia Aulia

II

97

 

 

12

Zahra Yuniar

II

91

 

 

13

Aqilla Nur Fadhila

II

96

 

 

14

Viona Divani Aisya

II

90

 

 

15

M. Faras Naufal

II

91

 

 

16

Helmi Azhar Halim

II

98

 

 

17

Annastasya Rahmadhani

II

96

 

 

18

Alfian Sandi Nugroho

II

88

 

 

19

Nasrul Ahmad Zulfikar

II

70

 

 

20

Tania Zakkiya

II

63

 

 

21

Adelia Fitri

III

95

 

 

22

Aditya Ramadhani

III

80

 

 

23

Aqilla Wanda Jelita

III

96

 

 

24

 

Nasywa Zahra Putri

 

III

 

95

 

25

 

M. Sholahuddin rasyid

 

III

 

95

 

26

 

Aurellia Putri

 

III

 

80

 

27

 

Raihan Andi Daffa

 

III

 

75

 

28

 

Alifian

 

III

 

73

 

29

 

Keisha Kausara

 

III

 

80

 

30

 

Sheza Putri Jatikusama

 

III

 

96

 

31

 

Raihan Al Hafidz

 

IV

 

95

 

32

 

RakaA.W

 

IV

 

92

 

33

 

Aisyah Kurnia

 

IV

 

68

 

34

 

Adiguno Wijaksono

 

IV

 

90

 

35

 

Ethana Nurani Aisyah

 

IV

 

90

 

36

 

Nuansa Inaya

 

IV

 

93

 

37

 

Lintang Lituhayu

 

IV

 

92

 

38

 

Marsha Aulia Nur Alifa

 

IV

 

89

 

39

 

Attika Nur Rachma

 

IV

 

87

 

40

 

Yusuf Nadim Irawan

 

IV

 

90

 

41

 

Siti Zahra Zahira

 

V

 

97

 

42

 

Amanda Dwi Nisrina

 

V

 

86

 

43

 

Aisyia Nadia

 

V

 

97

 

44

 

Akbar Faja Ramadhani

 

V

 

76

 

45

 

Najwa

 

V

 

89

 

46

 

Brian Aji Pamungkas

 

V

 

90

 

47

 

Muhammad Wildan

 

V

 

80

 

48

 

Fahri Akbar

 

V

 

83

 

49

 

Rara Zahira Azzahwa

 

V

 

91

 

50

 

Adiba Nabila Nafisha S.

 

V

 

80

 

51

 

Restia Adel Rahmawati

 

VI

 

94

 

52

 

Kayla Anisa Putri

 

VI

 

94

 

53

 

Rahma Attoriq

 

VI

 

73

 

54

 

Aqilla Dian

 

VI

 

90

 

55

 

Nabilah Zahrotun Janah

 

VI

 

88

 

56

 

Adinda Fitri Auliani

 

VI

 

75

 

57

 

Erneta Aisyia Zahra

 

VI

 

95

 

58

 

Zaki Arkan Rahman

 

VI

 

94

 

59

 

Irsyad Maulana

 

VI

 

92

 

60

 

Sekar Dyah Oliviani

 

VI

 

74

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

5144

 

 

 

 

 

 

Langkah  selanjutnya  adalah  mencari  rata-rata dan  kualitas variabel prestasi belajar PAI sebagai berikut:

a)      Mencari mean (rata-rata) nilai prestasi belajar pai (Y)

b)      Mencari jumlah interval (banyaknya kelas)

K = 1 + 3,3 Log N                         = 1 + 3,3 Log 60

      1 + 3,3 (1,77815)

      1 + 5,867899

      6,867899

      7 (dibulatkan)

c)      Mencari range

d)     Menentukan interval

Jadi dari perhitungan tersebut diperoleh interval kelasnya 5 dan jumlah intervalnya 7.

Keterangan

I           = Lebar interval

R         = Jarak pengukuran

K         = Jumlah interval

H         = Nilai tertinggi

L          = Nilai terendah

N         = Responden

 

Tabel 4.

Kategori Prestasi Belajar

Mata Pelajaran PAI Siswa SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu

Interval Kelas

Kategori

93 keatas

Istimewa

88 – 92

Sangat Baik

83 – 87

Baik

78 – 82

Cukup

73 – 77

Kurang Baik

68 – 72