Pengaruh Budaya Keselamatan Kerja, Iklim Keselamatan Kerja, Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pekerja Hulu Migas Di PT “X” Melalui Prilaku Kerja Aman Pekerja Sebagai Variabel Mediasi

  • Teguh Santoso Universitas Terbuka, Indonesia
  • Merry Citra Sondari Universitas Terbuka, Indonesia
  • Zainur Hidayah Universitas Terbuka, Indonesia

Abstract

Penelitain ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh budaya keselamatan kerja, iklim keselamatan kerja, kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pekerja melalui prilaku kerja aman sebagai mediasi. Responden diambil dari perwakilan personil dari semua fungsi dengan total responden sebanyak 410 orang. Adapaun komposisi dari responden tersebut adalah pekerja level pengawas dan kontraktor yang bekerja salah satu perusahaan yang bergerak di oil and gas dengan fokus kegiatan sebagai pusat pengumpul produksi (Main Ghatering Station) crude oil yang berlokasi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Semua responden yang dipilih telah dibekali materi terkait materi basic safety training dan lulus ujian sebagai syarat sebelum bekerja di lokasi. Hasil data yang didapat kemudian dilakukan pengolahan untuk mengetahui korelasi antar variabel langsung dan tidak langsung dengan menggunakan tools Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Temuan dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Budaya Keselamatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prilaku Kerja Aman; (2) Budaya Keselamatan Kerja berpengaruh negative dan signifikan terhadap Kinerja Pekerja; (3) Iklim Keselamatan Kerja tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Prilaku Kerja Aman; (4) Iklim Keselamatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pekerja; (5) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prilaku Kerja Aman; (6) Kepemimpinan berpengaruh positif dan sugnifikan terhadap Kinerja Pekerja; (7) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prilaku Kerja Aman; (8) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pekerja; (9) Prilaku Kerja Aman berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pekerja; (10) Budaya Keselamatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dengan mediasi penuh dari Prilaku Kerja Aman; (11) Prilaku Kerja Aman tidak mampu memediasi hubungan antara Iklim Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Pekerja; (12) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pekerja dengan mediasi penuh Prilaku Kerja Aman; (13) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pekerja dengan mediasi penuh dari Prilaku Kerja Aman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 5, 2022
How to Cite
SANTOSO, Teguh; CITRA SONDARI, Merry; HIDAYAH, Zainur. Pengaruh Budaya Keselamatan Kerja, Iklim Keselamatan Kerja, Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pekerja Hulu Migas Di PT “X” Melalui Prilaku Kerja Aman Pekerja Sebagai Variabel Mediasi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 16207-16221, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10120>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10120.