Analisis Pengaruh Persepsi dan Minat Masyarakat Terhadap Kepercayaan Pada Bank Syariah Indonesia (Pada Masyarakat Kota Medan)

  • Muhammad Taufik Hidayat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Persepsi, Minat Masyarakat, Kepercayaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi dan minat masyarakat terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia di kota Medan secara parsial. Untuk mngetahui pengaruh persepsi dan minat masyarakat terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia di kota Medan secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan persepsi atau pandangan masyarakat kota Medan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan dan bernilai positif yang dibuktikan dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). Berdasarkan minat masyarakat kota Medan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan dan bernilai positif juga, yang dibuktikan dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). Secara bersamaan pengaruh yang diberikan persepsi dan minat masyarakat kota Medan terhadap kepercayaan pada Bank Syariah Indonesia dapat dikatakan signifikan dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05 dan pengaruh secara bersamaan yang diberikan sebesar 50,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, A. T., & Yuliadi, I. (2015). Electronic Data Processing (SPSS 15 dan EVIEWS 7). Yogyakarta: Danisa Media.

Gendro, W. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Unit Penerbit.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Minat dan Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Pengunjung dalam Membeli Melalui Website Online Classifieds di Indonesia. Journal Of Business Management and Enterpreneurship Education, 1(1), 181–193.

Istiqomah, A., Mulazid, A. S., & Meiria, E. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi dan Minat Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bogor). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(4), 25–43.

Perdana, E. K. (2016). Olah Data Dengan SPSS 22. Bangka Belitung: Lab Kom Manajemen FE UBB.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik Dengan SPSS 25. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sujarweni, W. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Delima, M., & Paramita, M. (2019). Analisis Kemudahan Akses Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Bank Syriah (Studi Bank BRI Syarih Kcp Pelabuhan ratu). Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 75.

Dewi, S., Sabri, S., & Winata, V. (2018). Anlisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Payakumbuh. Ekonomika Syarih: Journal of Economic Studies, 203.

Fakhruddin, P. (2016). Identifikasi Penyebb Krisis Moneter dan Kebijakan Bank Sentral Di Indonesia: Kasus Krisis Tahun (1997-1998 dan 2008). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 337388.

Fiqri, A., Azzahra, M., Branitasandini, K., & Pimada, L. (2021). Peluang dan Tantangan Merger Bank Syariah Milik Negra Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. El Dinar, 1-18.

Haryanto, R. (2021). Mnajemen Pemasaran Bank Syarih (Teori dan Praktik). Duta Media Publishing, 111.

Ichsan, R., Gultom, L., Karim, A., Nasution, L., & Muhammad. (2020). Korelasi dan Pengaruh Signifikan Terhadap Persepsi Kualitas Produk, Kepercayaan Dan Nilai Nasabah Terhadap Citra Perbankan Syariah Di Medan. 13495-13504.

Nuraeni, N., & Umaryanti, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi Islam Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). I Finance: A research Journal on Islamic Finance, 4.

OJK. (2021, September). Snapshot Perbankan Syariah Indonesia. Retrieved Desember 27, 2022, from https/www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dankegiatan/publikasi/Documents/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-September-2021/Snapshot Perbankan Syariah September 2021.pdf

Prihrtono, A. (2018). Pengturn Penggabungan Usaha (Merger) Bank Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Bank Di Indonesia Dalam Pembangunan Hukum Ekonomi Nasional. 1.

Rahmani, N. A. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Febi UINSU Press.

Razak, A. (2017). Demografi Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Pengaruh Kepusan, Kepercayaan, dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pada Bank Di Sulawesi Tenggara. In Gawe Buku.

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 43.

Sehani. (2017). Analisis Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Pesantren Terhadap Bank Syarih ( Studi Pada Masyarakat Pesantren di Kota Pekanbru. 1-18.

Syahrial, S. (2018). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Pengetahun Masyarakat Terhadap Minat Menabung Serta Dampaknya Kepada Keputusan Menabung Pada Perbankan Syariah Di Banda Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4.

Tewal, B., Adolfina, Pandowo, M., & Tawas, H. (2017). Perilaku Organisasi.

Usvita, M. (2021). Kcp Simpang Empat the Influence of Religiusity and Customer Trust on Saving Decisions In Bank Nagari Syariah. 47-53.
Published
2022-12-22